Zakat Adalah Wajib, Kapolresta Magelang Bagikan 511 Pack

NASIONAL50 Dilihat

MAGELANG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/tahun 2024, Polresta Magelang membagikan zakat fitrah kepada ratusan warga yang berhak menerima zakat (mustahik) di wilayah hukum Polresta Magelang. Pembagian zakat fitrah, secara simbolis diserahkan oleh Kapolresta Magelang Polda Jawa Tengah Bersama PJU Polresta Magelang, bertempat di Masjid Al Muttaqin Polresta Magelang, Kamis (04/04/2024).

Dalam kesempatan sambutan, Kapolresta Magelang mengatakan salah satu rukun islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri adalah zakat. Di mana zakat memiliki potensi yang besar untuk membantu perekonomian umat. Membayar zakat merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam, dan telah ditetapkan dalam Al-Qur’an dengan jelas.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan kegiatan ini. momen ini sebagai bentuk responsif dan aspiratif terhadap perkembangan pengelolaan zakat yang lebih efektif dan efisien. Zakat merupakan kewajiban umat Islam yang memiliki dua dimensi penting yaitu dimensi ibadah dan dimensi sosial ekonomi masyarakat,” ujar Kombes Pol Mustofa.

Sebagai dimensi sosial, lanjutnya, zakat dapat berfungsi mewujudkan solidaritas sosial, pengentasan kemiskinan, pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang tidak berkecukupan (mustahik) dan permasalahan sosial lainnya.

“Sebagai umat muslim, memberikan zakat adalah menjalankan sebuah keindahan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Melalui zakat kita berbagi dengan para mustahik (para penerima zakat). Berbagi rezeki, berbagi rasa persaudaraan, berbagi ibadah, berbagi kebahagiaan, terlebih di bulan suci Ramadan saat ini,” lanjutnya.

Terkait hal itu, Keluarga Besar Polresta Magelang mengumpulkan sebanyak 2.555 kilogram beras dan dibagi menjadi 511 pack masing-masing 5 kg/pack beras zakat fitrah.

“Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita, ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” kata Kombes Pol Mustofa.

Diketahui sebanyak 511 pack zakat fitrah ini disalurkan kepada para mustahik di wilayah hukum Polresta Magelang. Antara lain para fakir miskin, anak yatim/piatu, dan warga binaan Polresta Magelang dan Polsek jajaran. (red)

Berita Terkait

Baca Juga