Yakin Oppo’, Akhirnya Yohanis Bassang Ditetapkan Jadi Calon Bupati Toraja Utara

NASIONAL29 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Pasca polemik berkepanjangan soal kebijakan Yohanis Bassang (Ombas) selaku Bupati Toraja Utara memutasi dan melantik 147 pejabat ASN, yang kemudian dianulir dengan pembatalan lewat SK susulan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut), Sulawesi Selatan akhirnya memutuskan dan menetapkan pasangan Calon Yohanis Bassang, SE, M.Si dan DR Marthen Rante Tondok, SH, M.Hum sebagai Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara 27 November 2024.

Paslon lain yang juga diresmikan adalah Frederik Victor Palimbong, ST, M.Ak dan Andrew Branch Silambi, S.Ak. Penetapan paslon ini tertuang dalam Keputusan KPU Toraja Utara No. 789 Tahun 2024 tanggal 22 September 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Tahun 2024 ditandatangani Ketua KPU Toraja Utara, Jan Hery Pakan.

Keputusan KPU Torut ini diambil setelah melalui rapat pleno tertutup dihadiri seluruh komisioner. Selanjutnya, kedua pasangan calon peserta pilkada akan mengikuti pengundian nomor urut yang dijadwalkan hari ini, 23 September 2024. Dengan keputusan KPU ini, para komisioner atas nama lembaga, siap menghadapi jika ada gugatan dari salah satu peserta pilkada yang disampaikan melalui Bawaslu Toraja Utara.

“Kalau misalnya ada pelanggaran dalam proses dan pendaftaran yang lalu itu masuk ranah sengketa administrasi. Gugatan calon tentu disampaikan lewat Bawaslu bukan KPU, tapi yang menggugat adalah calon. Bukan pihak lain seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau semacamnya. Karena kenapa, pihak lain tidak punya legal standing,” ujar Drs. Tommy Tiranda, Komisioner PANWAS Tana Toraja Tahun 2005, ketika dihubungi lewat telepon seluler, Senin (23/9) pagi.

Sementara itu, setelah diresmikan menjadi paslon peserta pilkada, kubu Ombas selaku petahana, makin mantap dan yakin bakal memenangkan pilkada mendatang alias Oppo’.

Prediksi ini sangat beralasan karena para relawan Ombas-Marthen (OMAR) yang umumnya dari akar rumput (ra’bisa’), jauh hari sudah bergerak dan terus menggalang dukungan pemilih hingga ke pelosok lembang/desa.

** Benny/Yustus