Wujudkan Pemilu Minim Konflik Sosial, Ini Kata Pj Bupati Pati

POLITIK115 Dilihat

PATI – Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro membuka Rapat Koordinasi Penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi DPRD Pati dalam Pemilu 2024.

Rapat koordinasi tersebut digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati dengan mengundang perwakilan partai politik serta sejumlah elemen masyarakat terkait di Ruang Amarilis Hotel New Merdeka, Rabu (23/11/2022).

Henggar mengatakan, masukan-masukan yang disampaikan dalam Rakor ini tetap harus mengacu pada koridor peraturan yang ada, yakni Peraturan KPU nomor 6 tahun 2022 tentang Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum.

“Ketentuan terkait jumlah kursi sudah ada dari KPU RI. Dalam Rakor ini kita tidak keluar dari ketentuan dan kebijakan yang sudah ada. Terkait Dapil dan jumlah kursi sudah ada ketentuan yang jadi acuan dalam kita bertindak, sehingga penyusunan dapil dan kursi sesuai peraturan perundang-undangan,” jelas Henggar saat menyampaikan sambutan.

Yang jelas, lanjut Henggar, dalam Rakor ini mesti ada penyatuan persepsi di antara pihak-pihak yang hadir, sehingga tidak muncul permasalahan di kemudian hari dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2024.

Henggar juga menekankan perlunya sinergi bersama dalam persiapan event akbar pesta demokrasi 2024 mendatang untuk mencegah konflik sosial.

“Butuh sinergi semua elemen, sehingga tercipta keamanan, ketertiban, dan tidak ada dampak negatif. Potensi konflik sosial yang terprediksikan bisa dicegah,” Jelas henggar.

Menurut Henggar, dalam kontestasi politik, hal yang lumrah jika di masyarakat terjadi sedikit gesekan.” Terkait hal ini, yang perlu dilakukan adalah bersinergi untuk mencegah agar gesekan kecil tersebut tidak menjadi konflik yang berdampak buruk bagi kehidupan bersama,”tegasnya. (@Gus)

Berita Terkait

Baca Juga