Wujudkan Kepdulian Budaya KKN IKMB IAIN Kudus Lakukan Bersih-Bersih Punden

INFODESA, LIFESTYLE164 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Kegiatan mejaga kebudayaan Lokal, Mahasiswa KKN IKMB IAIN Kudus laksankan bersih – bersih Tempat yang Di keramatkan Warga Desa dalam upaya melestarikan Kebudayaan Jawa yang kaitannya dengan kespiritualan di desa Bedingin, kecamatan Todanan, Miggu, 1/10/2023.

Dengan beragamnya kebudayaan Jawa inilah perlu untuk dilestarikan agar tidak sirna ditelan zaman. Hal itu terjadi pada masyarakat Kembang dukuh Kedung Dendeng, Todanan dimana para masyarakat begitu kuatnya melestarikan budaya Jawa.

“Bentuk pelestarian budaya Jawa yang ada di dukuh Kedung Dendeng, yakni nguri-nguri punden (menelaah cikal bakal desa). Dimana punden tersebut diyakini membawa keberkahan, maka dari itu tiap kali akan menggelar kegiatan ataupun pasca panen biasanya berziarah dan berharap keberkahan serta ucapan rasa syukur” Ujar Pak Kamituwo dukuh Kedung Dendeng.

Dengan serangkaian tradisi yang ada di desa Kembang kali ini tim KKN IKMB IAIN Kudus, lakukan kegiatan bersih-bersih punden tepatnya di dukuh Kedung Dendeng. Pada agenda kali ini tim KKN IAIN Kudus tentunya tidak sendiri, dengan didampingi Bapak Kepala Desa Kembang serta beberapa warganya.

“Punden dalam pelestariannya di dukuh Kedung Dendeng memanglah masih sakral dikalangan masyarakat. Karena hal ini membuktikan kuatnya adat budaya zaman nenek moyang sampai sekarang,” ujar Hasan Hasbulloh selaku Kordes (Koordinator Desa) Kembang Todanan

“Bahkan pelestariannya, setiap ada serangkaian tasyakuran selalu bermunajat do’a di punden tersebut. Kali ini bentuk hormat dengan hal tersebut mahasiswa KKN IAIN Kudus 2023 melakukan bersih-bersih punden dengan meminta dampingan dari pak kamituwo dan kades kembang,” pungkasnya. Team KKN IKMB IAIN Kudus.

Berita Terkait

Baca Juga