Wujud Kedekatan Babinsa Koramil Penajam kepada Warganya Dengan Menerapkan 8 TNI Wajib

NASIONAL159 Dilihat

PENAJAM.INFODESANEWS.COM – Miliki pedoman disetiap langkahnya, salah satunya 8 wajib TNI dan seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak hanya harus memantau wilayahnya saja namun, juga berkomunikasi dengan masyarakat serta melakukan pembinaan di wilayah, juga dapat ikut serta membantu kesulitan masyarakat binaannya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Sertu Djatmiko Babinsa Desa Sidorejo dan Sertu Heri Babinsa Kelurahan Tanjung Tengah Koramil Penajam, Kodim 0913/PPU saat membantu mediasi kepada warga yang sedang mengalami musibah bertempat di Jl Pariwisata RT 04 Desa Sidorejo Kecamatan Penajam Kabuoaten Penajam Paser Utara (PPU).Sabtu (19/5/2023).

Sertu Heri menjelaskan berdasarkan laporan dari warga desa binaanya bahwa telah terjadi musibah kecelakaan mobil yang di alami oleh warga binaanya dan melibatkan dua warga yang berasal dari dua Desa ,di mana mobil tersebut adalah mobil rental dan kondisinya rusak berat ,”ujarnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Menteri Keuangan RI : Agenda ASEAN Chairmanship di Bali

“Ternyata penyampaian dari warga tersebut sudah 4 kali diadakan pertemuan oleh kedua belah pihak guna untuk membahas permasalah secara kekeluargaan akan tetapi belum menemukan titik terang,”kata Babinsa.

Lanjutnya ,dengan kehadiran Babinsa Sertu Djatmiko dan Sertu Heri di tengah-tengah warga yang mengalami kesulitan guna untuk membantu mediasi permasalahan yang di hadapi,dan Alhamdulillah hari ini bisa menuai hasil musyawarah tanpa merugikan pihak manapun dengan disaksikan oleh Babinsa,”Jelas Heri.

Sertu Herry dan Sertu Djatmiko sebagai anggota di TNI (Alumni 96-2) yang berada di Satuan Teritorial mengaku senang dapat melaksanakan tugas sebagai Babinsa yang mememang harus mengaplikasikan isi dari 8 TNI Wajib tersebut salah satunya berbunyi” Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Danrem 091/ASN Kunjungi Prajurit satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad di Perbatasan RI-Malaysia

Dengan kegiatan komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa, semoga bisa diterima positif oleh masyarakat. Keberadaan Babinsa yang selalu memantau wilayah binaannya , maka Babinsa akan tahu permasalahan di wilayahnya. Sehingga jika ada permasalahan dengan cepat dan dapat diatasi dan diselesaikan.

Keakraban kepada warga binaan merupakan tugas pokok Babinsa. Salah satunya yaitu dengan melakukan komunikasi sosial (Komsos) dalam menciptakan interaksi serta Kekompakan antara Babinsa dan warga binaanya.