Workshop Wirausaha Merdeka UMS Latih Mahasiswa Mengembangkan Bisnis

SOLO – INFODESANEWS, Kegiatan Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang didanai oleh kemendikbud Ristek melalui program Wirausaha Merdeka telah selesai tahap pertama yaitu kegiatan workshop dan pelatihan. Kegiatan Workshop dan pelatihan dilaksanakan selama 100 jam, mulai tanggal 3-28 september 2022. Kegiatan melibatkan para praktisi atau pelaku wirausaha sejumlah 90% dan akademisi kompeten dibidangnya 10%.

Diantara para pelaku usaha yang menjadi pemateri, diantaranya adalah Dr. Singgih Purnomo, MM, Dr Budiyono, SE. MM, Drs. Joko Paloma Santosa, MM, Dinas UMKM, para pengusaha yang memberikan materi untuk mengasah afektif, kognitif dan psikomotorik bidang wirausaha. Keterlibatan usaha diantaranya bidang kuliner, property, ekspor, peternakan, industri kreatif dan lain sebagainya. Adapun diantara pemateri wirausaha berasal dari akademisi Dr. Nanung Danar Dono dari UGM, tentang produk halal dan Prof Dr Kun Harisma dari UMS, tentang Hak cipta suatu produk.

Kegiatan diikuti 876 mahasiswa yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi yang bergabung dalam wirausaha merdeka UMS.  Mahasiswa paling jauh dari wilayah selatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, mahasiswa paling jauh dari wilayah timur Universitas Udayana, mahasiswa paling jauh dari wilayah barat Universitas Muhammadiyah Aceh dan mahasiswa paling jauh dari wilayah utara Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Kegiatan yang dilakukan pada tahap awal berupa workshop dan pelatihan, diharapkan mahasiswa memiliki mental, pengetahuan, ketrampilan yang terbangun dengan baik bidang wirausaha. Kegiatan dilakukan secara blended yaitu luring dan daring di Universitas Muhammadiyah Surakarta, mahasiswa mengikuti kegiatan secara antusias dan sangat bermanfaat bagi memupuk semangat wirausaha.  Materi mindset wirausaha, manajemen bisnis, menemukan ide bisnis, kepemimpinan dalam bisnis, SWOT analisis, BMC, rencana bisnis, harga pokok pembelian dan penjualan hingga mahasiswa wajib memiliki market place, tentu media sosial dan praktek pembuatan akun dipahami oleh peserta.

Menurut Ketua Pelaksana Program WMK UMS, Dr. Ir. Suranto. ST. MM. MSi, bahwa ada 4 tahapan dalam kegiatan program ini, yaitu kegiatan workshop, kegiatan magang, kegiatan perencanaan bisnis dan prototipe serta kegiatan ekspo produk. Kegiatan diawali dengan workshop dan pelatihan yang dilanjutkan dengan magang ke UMKM untuk memupuk dan menemukan ide bisnis dan belajar langsung dengan UMKM, sehingga peserta nantinya dapat mengembangkan potensi dan mampu membuat rencana bisnis dan menghasilkan produk yang dijual melalui online dan offline. Kegiatan wirausaha merdeka ini sangat bermanfaat bagi mendidik dan menanamkan mental wirausaha untuk meningkatkan semangat wirausaha. Mahasiswa sebelum lulus atau setelah lulus dapat mengambil kewirausahaan sebagai passion dalam meniti karirnya. (anto/hr/red slo)

Berita Terkait

Baca Juga