oleh

Wisata Atas Angin Bumi Todanan

Blora, Infodesanews.com – Terletak dideretan Pegunangan Kapur Utara yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Pati. Tentunya menjadi nilai sendiri bagi wilayah Kecamatan Todanan, Blora, Jawa Tengah.

Dengan wilayah yang sebagain besar Perbukitan tentunya banyak sekali lokasi-lokasi wisata yang bertemakan wisata alam pegunungan.

Maka dari itu, sangat layak sekali bilamana Kecamatan Todanan di juluki gudanganya wisata Atas Angin, yang diantaranya sebagai berikut.

1. Gunung Cengklik Dan Gua Telo.

Dua lokasi wisata ini terletak di Desa Bicak, yang berjarak kurang lebih 7 KM ke arah Barat dari Kecamatan Todanan. Dua wisata ini berada di ketinggian kurang lebih 300 mdpl dari permukaan laut.

Dari dua lokasi ini menawarkan berbagai spot lokasi selfi, mulai dari pemandangan alam, rumah pohon, dan berbagai miniatur menarik lainya.

2. Gunung Manggir dan Bukit Jonggrang.

Untuk dua lokasi wisata ini berada di Desa Ngumbul. Gunung Manggir sendiri merupakan dataran tertinggi se-Kabupaten Blora dengan ketinggian kurang lebih 500 mdpl dari permukaan laut.

Tentunya untuk Gunung Manggir ini, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Blora pada umumnya, khususnya bagi anak-anak muda yang hoby berpetualang. Mengingat lokasi Gunung Manggir sendiri masih alami.

Yang tentunya, kearifan lokal masyarakat setempat masih sangat dipegang teguh. Banyak cerita-cerita yang begitu mistis dari masyarakat yang masih dipercayai. Mulai dari Gua Mangklih Awan, Puncak Posong, dan lainya.

Sementara untuk Bukit Jonggrang sendiri saat ini masih tahap perbaikan, yang dimana dipuncaknya terdapat Tapak Dewa yang menjadi icon tersendiri dari Bukit Jonggrang.

3. Gunung Kikik.

Gunung Kikik sendiri berada di Dukuh Bulu Manis, Desa Todanan. Untuk wisata ini diklola oleh pihak swasta. Yang dimana kini sudah menarik para wisatawan untuk datang ke Kecamatan Todanan.

Tentunya dengan makin eksisnya Wisata Atas Angin Bumi Todanan, bisa diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat Todanan khusuanya bagi penggiat UMKM.

Selain itu, peranan pemerintah baik itu desa, kecamatan dan Pemkab juga sangat dibutuhkan sekali. Apalagi untuk saat ini, akses-akses ke sejumlah lokasi wisata mengalami kerusakan yang cukup parah.

Tentunya hal tersebut akan akan menjadi cap merah bagi para pengunjung yang datang ke Kecamatan Todanan.(spr)

Berita