Wirausaha Merdeka Kemendikbud Ristek Tumbuhkan Spirit Wirausaha Mahasiswa

SOLO – INFODESANEWS, Program wirausaha merdeka yang didanai oleh kementrian pendidikan kebudayaan dan riset teknologi memberikan semangat baru bagi calon wirausaha mahasiswa. Team Pengelola Wirausaha mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta, telah memasuki tahapan kedua yaitu program magang di UMKM, hal ini untuk mengasah kemampuan skill, pengetahuan dan tata kelola usaha. Mahasiswa telah mendapatkan sejumlah teori berupa workshop dan pelatihan hingga klinik membuat perencanaan bisnis, SWOT, BMC dan business plan. Sehingga siap ke UMKM untuk melakukan magang, menemukan peluang, belajar mengelola usaha, sinergi dan kolaborasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi UMKM.

Hal ini sangat terasa, apa yang disampaikan salah satu DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Umi Hanifah, perwakilan DPL dari Universitas Duta Bangsa, yang bergabung dengan WMK UMS, bahwa karakter mahasiswa dalam wirausaha sangat terlihat dan mengalami peningkatan saat melakukan magang. Magang memberikan motivasi dan tindakan langsung (doing), empowering dan networking, hingga peningkatan pengetahuan manajerial dan marketing.

Mitra UMKM mahasiswa Kayla Souvenir, Muhammad Yusuf menyatakan kegiatan ini sangat relevan dalam menumbuhkan wirausaha mahasiswa, “Berwirausaha itu dimulai dari suatu ketertarikan bukan karena uangnya namun karena prosesnya,” ujarnya.

Secara terpisah ketua WMK UMS, Dr. Ir. Suranto, S.T., M.M., M.Si, berharap mampu mendorong semangat wirausaha dan mental usaha mahasiswa, sehingga tertanam mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan, akhirnya mampu mendorong peningkatan mahasiswa melakukan usaha sebelum lulus atau saat lulus nantinya. Tentu hal ini akan berdampak positif bagi perekonomian, IKU Perguruan tinggi dan tracer study perguruan tinggi.

Kegiatan magang di Kayla Sounevir meliputi akitifitas mulai dari bahan baku, proses, pemasaran, harga pokok produksi dan strategi penjualan. Hal ini sangat menarik dan memberikan bekal secara langsung bagi mahasiswa.  Program yang dihadirkan dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman berwirausaha.

Seperti diketahui, Kayla Souvenir berlokasi di Jl. Kabut No. 45, RT 2/RW 23, Panggungrejo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Pada tanggal 3 Oktober 2022, dosen pembimbing lapangan dan mahasiswa memulai kegiatan magang lapangan selama 70 jam. Para mahasiswa dan DPL serta UMKM snagat optimis bahwa kegiatan WMK dan program wirausaha ini sangat bermanfaat bagi karir dan masa depan mahasiswa program WMK. (anto/her/red slo)

 

 

Berita Terkait

Baca Juga