Vokasi UMS Bangun Karakter Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Melaui Progran Magang

SOLO, INFODESANEWS – Melahirkan lulusan yang siap kerja, bekerja sebelum lulus, menjadi harapan mahasiswa dan penyelenggara pendidikan maupun pelatihan. Sekolah Vokasi UMS, terutama kompetensi mekanik alat berat, telah membuktikan saat magang dan masih menjadi mahasiswa, tak sedikit para mahasiswa dilirik banyak perusahaan dibidang alat berat. Oleh karena itu Sekolah Vokasi UMS terus membangun jaringan ke berbagai perusahaan dan instansi agar lulusannya terserap dipasar kerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.

Pendidikan dan pelatihan di Sekolah Vokasi Universitas Muhammadiyah Surakarta dilaksanakan di kampus, UMS, Jl Ahmad Yani Pabelan, Kartasura dimulai tahun ajaran 2012/2013 hingga sekarang memiliki 15 program pelatihan. Pendidikan dan pelatihan di Sekolah Vokasi UMS bekerjasama dengan dunia usaha dunia industri sesuai bidangnya. Mahasiswa dididik teori di kelas, dan workshop selama 3 bulan dan dilanjutkan On The Job Training selama 6 bulan di dunia usaha dunia industri. Materi pendidikan dan latihan 30% teori dan 70% praktek, di dukung melalui konsep pembelajaran mastery learning, contextual teaching and learning, active learning dan pembelajaran learning is fun, learning by doing.

Pembelajaran berazaskan PAIKEM GEMBROT dengan arti pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot. Pelaksanaan meliputi materi AMT (Achievement Motivation Training), Bintalsik (Bimbingan Mental dan Fisik), Workshop, materi In Class dan On The Job Training serta konsep Experience Based Learning, Recogition of Prior Learning.

Untuk mendukung kualitas lulusan tersebut dan keterserapan lulusan, Sekolah Vokasi UMS selalu membangun jaringan kerjasama, Wakil direktur Sekolah Vokasi UMS dan BKK UMS, mengadakan pengiriman magang dan kerjasama mahasiswa ke PT. FANBEL JAYA BERSAMA. POOL ALAT BERAT Gerbang Oren, Jl. RadenInten II No.08, RT.5/RW.14, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah KhususIbukota Jakarta 13440.

Kegiatan langsung diterimaManagerOperasionalPT. FANBEL JAYA BERSAMA. Kegiatan magang sangat berguna bagi mahasiswa dalam meningkatkan ketrampilan bidan mekanik alat berat. Kegiatan magang dapat melatih karakter kerja seperti: disiplin dalam bekerja, mengatur waktu, motivasi kerja dan membangun jaringan kerja. (anto/hr)