Usai Penyuluhan Narkoba, Para Anggota Kodim Tulungagung Ikuti Tes Urine

PERISTIWA255 Dilihat

TULUNGAGUNG, INFODESANEWS – Kepala Staf Kodim 0807/Tulungagung Mayor Inf Moh Samsul Hadi, S.Ag membuka secara langsung pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan IV Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Pandu Sakti Kodim Tulungagung Jalan Jaksa Agung Suprapto No 17 Kelurahan Kampungdalem Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Senin (02/12/2019).

Pelaksanaan sosialisasi ini merupakan salah satu metode pembelajaran bagi aparatur negara tentang bahaya narkoba dimana setiap aparat harus turut melakukan kegiatan pemberantasan sesuai dengan tugasnya masing masing. Bagi TNI, pemberantasan narkoba menjadi keharusan karena terkait keamanan akibat efek dari penyalahgunaan narkoba.

Dalam membacakan sambutan Dandim, Kasdim Tulungagung menyebutkan bahwa Tentara Nasional Indonesia khususnya para aparat komando kewilayahan selalu ikut aktif dan jangan bosan dalam hal Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) karena hal tersebut merupakan permasalahan yang menjadi tanggungjawab para Babinsa di wilayah binaan. Sinergitas dengan berbagai elemen yang ada di wilayah binaan perlu terus digalakkan agar dapat menyelesaikan permasalahan narkoba yang ada di wilayah.

“Terus berikan himbauan kepada warga binaan untuk menghindari Narkoba, lebih khusus lagi jangan sampai narkoba menyangkut anggota Kodim Tulungagung.” ungkap Kasdim.

Pada kesempatan yang baik tersebut, Kepala BNNK Tulungagung AKBP Sudirman M.Sc memberikan sosialisasi tentang bahaya peredaran Narkoba di wilayah Kabupaten Tulungagung kepada para Babinsa yang hadir. Ia menjelaskan betapa pentingnya pemahaman tentang informasi berkaitan dengan Narkoba untuk para petugas dan keluarga agar mampu mencegah dan mengatasi penyalahgunaan Narkoba. Para peserta diberikan penjelasan tentang narkoba jenis baru yang beredar agar mampu mengenali peredarannya di masyarakat sehingga dapat dengan cepat mengambil langkah-langkah pencegahan peredaran.

“Kita harus terus waspada dengan mengantisipasi mulai dari lingkungan keluarga dan kenali tanda-tanda penyalahgunaan Narkoba agar kita mampu mencegah dan mengatasi penyalahgunaan Narkoba.” ungkap Kepala BNNK Tulungagung.

Para Babinsa yang hadir juga ikut melaksanakan pemeriksaan urine (air seni) seusai mengikuti penyuluhan tentang narkoba secara bergantian. Hasil kegiatan pemeriksaan urine tersebut digunakan sebagai barometer keterlibatan penggunaan narkoba.(w@h/hrm)

Authentikasi

Berita Terkait

Baca Juga