Upaya Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Community Action Planning di Desa Wantilgung, Blora

LIFESTYLE, NASIONAL320 Dilihat
banner 728x90

BLORA, INFODESANEWS | Tim PKM UNNES telah menyelenggarakan pelatihan penyusunan community action planning (CAP) bagi perangkat Desa di Desa Wantilgung, Ngawen, Blora, Kamis, 30/05/2024.

Dok. Perangkat desa dalam diskusi, membuat hasil kajian Kunjungan di UMKM di desa Wantilgung, Ngawen-Blora, kamis 30/5/2024.

Dalam wawancara dengan Dr. Gunawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unnes, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perangkat Desa dalam perencanaan aksi untuk pemberdayaan UMKM, khususnya di Desa Wantilgung.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan perangkat Desa dalam merencanakan aksi yang efektif untuk pemberdayaan UMKM, khususnya di Desa Wantilgung,” ungkap Dr. Gunawan.

Dr. Gunawan menjelaskan bahwa Desa Wantilgung dikenal dengan UMKM kerupuk sermier yang telah terkenal di Kabupaten Blora. Usaha kerupuk tersebut dioperasikan secara tradisional oleh sekitar 70 keluarga dengan berbagai kendala, terutama terkait harga bahan baku yang mahal dan kesulitan dalam produksi serta pemasaran akibat cuaca, terutama saat musim hujan.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Serbuan Vaksinasi TNI Sasar Desa Girimukti ,Babinsa Bantu Warga Disabilitas

“Dengan pelatihan dan bimbingan yang tepat, kami berharap perangkat Desa dapat lebih mandiri dan inovatif dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal, sehingga dapat menciptakan peluang yang lebih besar bagi kesejahteraan masyarakat Desa Wantilgung.”

Senada dengan Dr. Gunawan. S.Sos.,M.Hum salah satu peserta workshop dari kecamatan Japah Saat ditanya media Infodesanews.com mengenai manfaat pelatihan ini, Sugito, menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi perangkat Desa dalam mempersiapkan mereka untuk memberdayakan masyarakat secara lebih efektif.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Prestasi Terbaik, Kejari Gayo Lues Terima Piagam Penghargaan

“Kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan baru kepada perangkat Desa. Mereka diajarkan berbagai metode dan strategi untuk memberdayakan masyarakat Kegiatan ini memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan baru kepada perangkat Desa. Mereka diajarkan berbagai metode dan strategi untuk memberdayakan masyarakat,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut didanai oleh Dana DPA FISIP UNNES Tahun 2024 dengan nomor: 60.26.3/UN37/PPK.03/2024, dengan tema “Pelatihan Penyusunan Community Action Planning (CAP) bagi Perangkat Desa untuk Pemberdayaan UMKM di Desa Wantilgung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.”
Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan perangkat Desa akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik dalam merencanakan dan melaksanakan aksi untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM di wilayah mereka, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan usaha kerupuk sermier dan UMKM lainnya di Desa Wantilgung dan desa lainnya di kabupaten Blora.**Red