UMS Gelar Kegiatan Monev Internal Wirausaha Merdeka

SURAKARTA, INFODESANEWS | Kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluating) internal pada Perguruan Tinggi Pelaksana Wirausaha Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta, di lakukan Rabo, 23 Nopember 2022 di Haris Hotel. Kegiatan Monev dilaksanakan sejak 08.00-16.00 oleh team internal UMS, Ir. Munajat Tri Nugroho. ST. MT. PhD (Kordinator MBKM UMS) dan Dr.Eng Yusuf Sulsityo Nugroho. ST. MEng (Lembaga Jaminan Mutu UMS). Kegiatan dihadiri oleh Team Pelaksana Wirausaha Merdeka, Dosen Pembimbing Lapangan, Kaprogdi, UMKM, Mentor Magang, dan Mahasiswa.

Kegiatan pemaparan ketercapaian dan keterserapan anggaran disampaikan ketua pelaksana program wirausaha merdeka UMS. Dr. Ir. Suranto. ST. MM. MSi dan didampingi bersama team Prof. Dr. Muhtadi, Soepatini.PhD., Muhammad Fahmi Johansyah, PhD., Muhammad Farid., SPd. MM dan Kussudyarsana. PhD.

BACA JUGA  15 Ribu Benih Ikan Ditaburkan Bupati Blora di Bendungan Randugunting

Team pelaksana bersama team Admin melakukan beberapa sesion untuk mengevaluasi dan menggali ketercapaian serta harapan program WMK UMS. Komentar Ketertarikan dan sangat mendukung program yang dijalankan memberikan inspirasi dan mampu melahirkan wirausaha muda, Drs Joko Paloma, dan Tri Wahyuni ST.

Sementara mentor dan UMKM mitra Agung Purnomo dan Suroto sangat yakin, alumni WMK jika mengaplikasikan keilmuwan yang diperolehnya dan menjadi bekal hardskill, softskill serta ketrampilan maka sangat yakin mahasiswa lulus dapat menciptakan peluang kerja secara mandiri.

Perwakilan Dosen Pembimbing Lapangan juga memberikan apresiasi bahwa program ini cukup bagus dan sangat mendukung pembentukan karakter mahasiswa, dan bersyukur mahasiswa dapat bergabung dalam program ini. “Tidak ada transport tidak masalah karena program programnya sangat beda dan sangat inspiratif”, jelas Ratna Pratiwi. SPd. MM. MSi, dosen pembimbing lapangan dari Universitas Wahid Hasyim Semarang.

BACA JUGA  Nelayan Sido Makmur Curhat ke Kapolres Jepara, Ini Sebabnya

Mahasiswa peserta WMK juga berharap, program ini dapat berlanjut pada tahun tahun berikutnya dan benar benar melahirkan alumni WMK yang mandiri dan bermanfaat. Hal senada juga disampaikan oleh ketua pelaksana WMK UMS, bahwa target alumni WMK UMS mampu meningkat karakter mental wirausahanya dan minimal ditargetkan 10% dari peserta mampu mandiri dan berwirausaha. Hal ini juga dilakukan setiap tahapan melalui kegiatan pengukuran capaian pembelajaran yang disampaikan pula Soepatini. PhD. Kegiatan WMK ini juga memberikan manfaat bagi program studi dalam peningkatan akreditasi, sesuai dengan 8 kegiatan dalam kampus merdeka.  (anto/her)