Turun ke Desa, Puskesmas Baebunta Aksi Puskel

NASIONAL178 Dilihat

LUTRA(SULSEL), INFODESANEWS – Tim Kesehatan Puskesmas Baebunta, Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara(Lutra), Sulawrsi-Selatan(Sulsel) diturunkan ke Dusun Penggorok, Desa Mario untuk melaksanakan pelayanan Puskesmas Keliling(Puskel).

Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas(Kapus) Baebunta Hairul Muslimin, SKM pada media ini, Selasa(4/2/2020), bahwa maksud pelaksanaan kegiatan Puskesmas Keliling adalah untuk meningkatkan akses masyarakat desa terhadap pelayanan kesehatan.

“Masyarakat yang tinggal di pelosok desa yang jauh dari Puskesmas perlu untuk diberikan pelayanan kesehatan melalui kunjungan petugas Puskesmas ke desa. Layanan Puskesmas Keliling menjadi upaya meningkatkan akses layanan kesehatan di desa,” jelas Hairul Muslimin mantan Kapus Kecamatan Sabbang.

Menurutnya, upaya petugas Puskesmas Baebunta terjun langsung ke masyarakat terutama di desa terjauh/pelosok dalam pemberian pelayanan kesehatan merupakan ikhtiar dalam mendeteksi masalah kesehatan masyarakat dan melakukan upaya pencegahan, promosi kesehatan dan upaya pengobatan.

“Dalam pelayanan Puskesmas Keliling(Pysjel) kali ini, dilakukan pemeriksaan umum kesehatan, pemeriksaan kolesterol dan gula darah, pemberian vitamin A dan imunisasi.” terang Kepala Puskesmas yang baru di Kecamatan Baebunta baru menjabat beberapa waktu lalu.

Puskesmas Keliling, menurut Hairul Muslimin, SKM, merupakan kegiatan Puskesmas Baebunta Kabupaten Luwu Utara yang dibiayai melalui Bantuan Operasional Kesehatan yang diturunkan Kementerian Kesehatan. Harapannya, melalui kegiatan ini Puskesmas dapat mendeteksi secara dini masalah kesehatan, terutama Penyakit Tidak Menular(PTM), seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan faktor risiko yang berkaitan dengan penyakit dalam masyarakat.

“Puskesmas Baebunta berusaha untuk hadir di tengah masyarakat, bersinergi dan berkolaborasi dengan lintas sektor serta masyarakat, untuk bersama-sama mengatasi dan mengendalikan masalah kesehatan masyarakat,”pungkas jebolan FKM Universitas Hasanuddin ini.(yustus)