TNI Mensejahterakan Masyarakat Melalui Pembangunan Fisik Dan Non Fisik

INFODESA133 Dilihat

 

PENAJAM-INFODESANEWS –Program TMMD ke 104 merupakan program lintas sektoral yang penyelengaraannya melibatkan unsur terkait secara terintegrasi serta sesuai dengan semangat dan konsepsi ekonomi daerah sebagai alternatif Pemda untuk mempercepat proses pembangunan.

Sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesulitan masyarakat yang berada di wilayah Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), maka kegiatan TMMD ke-104 sebagai bagian dari Bhakti TNI yang bertujuan untuk membantu Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat Fisik dan non Fisik serta memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan ruang juang dan kondisi juang yang tangguh.

Sasaran TMMD ke-104 di wilayah Kodim 0913/PPU yaitu Argomulyo dan  Desa Tengin Baru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Sasaran fisik seperti yang diharapkan adalah pembangunan infrastruktur dan sarana/prasarana yang diperlukan terutama fasilitas Jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di dua  desa, Rabu (12/3/2019).

Kodim 0913/PPU bersama anggota Polri, Pemda dan masyarakat di dua desa tersebut melaksanakan pembangunan fisik berupa pembangunan  Jalan di Desa Argomulyo dan  di Desa Tengin Baru, Adapun sasaran non fisik berupa sosialisasi tentang wawasan kebangsaan dan hukum, sosialisasi tentang pertanian, penyuluhan kesehatan dan pengobatan massal bagi masyarakat di desa yang menjadi sasaran kegiatan TMMD ke-104.

Masyarakat telah mendapatkan pencerahan mengenai wawasan kebangsaan, wawasan hukum, wawasan kesehatan serta upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, sehingga mempunyai kesadaran terhadap bela negara dan pemahaman tentang hukum serta meningkatkan kualitas hidup untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Selain itu pemahaman terhadap akibat yang ditimbulkan bencana alam dan bagaimana mengatasinya, diberikan kepada masyarakat desa. Dengan pencapaian  sasaran tersebut akan didapatkan ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan bangsa, untuk mewujudkan kondisi sosial masyarakat yang kondusif bagi kesinambungan pembangunan nasional.

Dalam kegiatan TMMD ke-104 kebersamaan antara TNI dan rakyat tetap dipelihara sehingga tercipta hubungan emosional yang harmonis, dengan menjunjung tinggi toleransi dan hubungan kekeluargaan. Diharapkan prajurit TNI  di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara untuk merasakan dan mengetahui denyut nadi aspirasi masyarakat.

Sehingga prajurit semakin peka dan tanggap terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Kebersamaan TNI-rakyat pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan karena pada dasarnya TNI berasal dari rakyat, berjuang untuk rakyat dan pada suatu saat pasti akan kembali menjadi rakyat. Oleh karena itu, sangat diperlukan peneguhan kembali semangat kemanunggalan TNI-rakyat dalam bentuk kegiatan bersama.

Penulis Murdi