Tingkatkan Swasembada Pangan Babinsa Koramil Kayen Rela Bajak Sawah Warga

INFODESA204 Dilihat

PATI, INFODESANEWS.COM – Sinergitas yang terbangun antara Babinsa dengan petani terus digalakkan dalam rangka menyukseskan Program Swasembada Pangan. Salah satu diantaranya kegiatan yang dilakukan Babinsa Koramil 04/Kayen jajaran Kodim 0718/Pati Sertu Puryono dalam melaksanakan wujud nyata pendampingan petani membajak sawah, Senin (11/03/2019).

Dalam Ketahanan pangan di wilayah Kodim 0718/Pati, Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arh Arif Darmawan memerintahkan ke jajaran Koramil Koramil wilayah Kodim Pati untuk berperan aktif dalam rangka pendampingan Upsus Ketahanan Pangan yang telah ditandai dengan MoU kerja sama dengan Kementan (Kementerian Pertanian) yang telah di tegaskan oleh Kepala Staf Angkatan Darat di bidang teretorial.

Sawah yang dibantu di bajak oleh Babinsa adalah milik Bapak Solikhin Poktan Rogomakmur Desa Rogomulyo Kecamatan Kayen seluas lebih kurang 4,5 Ha untuk masa tanam padi MT II.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Ketua Bawaslu Lamsel Wazaki: Media Memiliki Peran Penting Pengawasan

Kali ini Sertu Puryono mengatakan bahwa turun ke sawah membantu petani membajak sawah dengan menggunakan alat bajak modern traktor untuk menggarap lahan sawah sehingga hasil membajaknya lebih cepat dan dapat segera ditanami. Masih lanjut Sertu Puryono, pengolahan menggunakan traktor bukanlah baru dalam pengolahan lahan untuk menggemburkan tanah dalam waktu singkat dan dengan biaya lebih murah.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk tugas TNI mendampingi para petani dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Kayen sehingga tercipta swasembada pangan yang mencukupi, selalu memotivasi, memantau, memonitoring dan menghimbau para petaninya yang sudah panen untuk segera menggarap lahannya lagi,” pungkasnya.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Membangun Gapura, Desa Wantilgung Lebih Cantik dan Elegan

Pada kesempatan lain, Danramil 04/Kayen Kapten Cba M. Zuhri Antoro, mengungkapkan, pendampingan yang dilakukan para Babinsa sebagai upaya khusus ketahanan pangan dalam mendukung dan mensukseskan pencapaian swasembada pangan di wilayah, selain itu melaksanakan pemantauan wilayah binaan serta pendekatan – pendekatan terhadap semua elemen ditingkat Desa demi keharmonisan dan kedekatan guna menunjang tugasnya,” Jelas Danramil.