Tingkatkan Kualitas Pengamanan DPRD Kaltim, 32 Anggota Pamdal Dilatih TNI Korem 091 ASN

INFODESA111 Dilihat

INFODESANEWS.COM. SAMARINDA – Guna meningkatkan keamanan di lingkungan Sekretariat DPRD Kaltim, sebanyak 32 personil Pengamanan Dalam (Pemdal) DPRD Kaltim mengikuti pembinaan dan pelatihan pengamanan terhadap salah satu obyek vital yang ada di Kaltim.

Pelatihan tersebut berlangsung atas kerjasama antara Sekretariat DPRD Kaltim dengan Komando Resor Militer 091/Aji Suryanata Kesuma, dan pelaksanaan pelatihan dimulai sejak tanggal 13 hingga 20 September 2019.

Kepala Sub Bagain Tata Usaha dan Kepegawaian, Mardareta mengatakan pelatihan ini rutin diadakan setiap tahun dengan harapan agar Pamdal mempunyai keterampilan yang memadai, sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai petugas pengamanan dalam DPRD Kaltim.

“Pelatihan dan pembinaan ini diadakan rutin setiap tahun untuk meningkatkan kemampuan, baik dari segi integritas, kedisiplinan dan kemampuan teknis sesuai dengan fungsi mereka sebagai petugas pengamanan dalam di DPRD Kaltim,” kata Mardareta, Jumat (20/9).

Ia menjelaskan, sedikitnya ada 32 Pamdal yang mengikuti pelatihan dengan materi mulai dari pembentukan karakter, fisik, mental, beladiri, disiplin dan etika kepribadian personel.

Mardareta berharap, dengan pelatihan yang telah dilakoni selama seminggu tersebut, tenaga Pamdal DPRD Kaltim bisa lebih profesional, terutama dalam pelayanan, memelihara dan menjaga aset di lingkungan Kantor DPRD Kaltim, serta dapat menjaga keamanan dan ketertiban secara baik.

“Selain itu, juga dapat dengan baik mengamankan kegiatan-kegiatan, seperti rapat-rapat, paripurna dan mem-back up kepolisian dalam mengamankan aksi unjuk rasa di areal kantor DPRD Kaltim,” kata dia.

Mewakili Komandan Korem 091/ASN, Kasi Ops Korem 091/ASN, Kolenel Inf Hendry W, mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan para Pamdal sebagai ujung tombak pengamanan dalam lingkungan DPRD Kaltim nantinya mampu menganalisa dan mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengamanan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempertebal semangat nasionalisme serta persatuan dan kesatuan di antara anak bangsa serta diharapkan para personel Pamdal dapat menjadi penggerak kesadaran disiplin, moral dan etika bagi masyarakat di sekelilingnya,” kata Hendry.

Dirinya berharap, apa yang telah diberikan kepada anggota Pamdal DPRD Kaltim, dari materi peraturan baris berbaris, ilmu pengamanan, termasuk juga tehnik beladiri, dapat bermanfaat dalam melaksanankan tugas pengamanan di DPRD Kaltim.

“Karena DPRD ini salah satu daerah yang vital, sehingga kemampuan dari pamdal juga harus maksimal. Kami harap apa yang sudah diberikan bisa dipelihara dan diaplikasikan sehari-hari sehingga bisa meyakinkan pimpinan bahwa Pamdal DPRD Kaltim bisa mengamankan pengamanan secara maksimal,” tutupnya.

Penulis Murdi