Tim UMS Adakan Pelatihan Digitalisasi Marketing Bersama UMKM Gading Sukowati Plumbon Sambungmacan Sragen

PENDIDIKAN118 Dilihat

SRAGEN-INFODESANEWS, Tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang diketuai oleh Dr. Ambarwati, MSi (pendidikan Biologi FKIP UMS) beserta anggota tim yang terdiri dari: Dr. Ir. Suranto, MM (Teknik Industri UMS), Dra. Suparti, MSi (Pendidikan Biologi FKIP UMS), Aan Sofyan, MSc (Ilmu Gizi FIK UMS) serta melibatkan Lina Agustina, MPd dan 5 mahasiswa dari Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS, 5 mahasiswa dari Prodi Teknik Industri UMS dan 5 mahasiswa Prodi Ilmu Gizi FIK UMS, mengadakan pelatihan digitalisasi marketing dan media sosial pada petani jamur yang tergabung dalam UMKM Gading Sukowati, Plumbon, Sambungmacan Sragen, Sabtu (19/22).

Penyerahan laptop oleh Tim PkM, Dr. Ambarwati, MSi kepada ketua UMKM Gading Sukowati, Rudiyanto, MPd, disaksikan ketua LPMPP UMS, Prof. Sarjito, PhD dan anggota tim PkM (foto:dok)

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program pengabdian yang didanai dari Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa PTS Ditjen Diktiristek  Tahun anggaran 2021.

Kegiatan pelatihan ini melibatkan dosen, mahasiswa dan mitra UMKM jamur, dimulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB di UMKM Gading Sukowati. Pelatihan digitalisasi marketing meliputi akun shopee, akun media sosial meliputi facebook, dan instagram.

Kegiatan ini diikuti para petani jamur dan mahasiswa sebagai instruktur. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program MBKM yang dicanangkan oleh pemerintah dengan melakukan PkM yang berkolaburasi dengan mahasiswa. Pelatihan kemudian dilanjutkan dengan  cara pengelolaan media sosial dan digital marketing. Kegiatan yang dihadiri sekitar 40 orang ini disambut dengan hangat, kekeluargaan dan sangat memberikan semangat bagi para pengusaha jamur.

Suasana pelatihan digitalisasi marketing di UMKM Gading Sukowati, Sragen (foto:dok)

Pelatihan dilakukan untuk mengenal teknologi informasi digitalisasi dan pemasaran yang dapat dilakukan secara online, tidak hanya offline, sehingga diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran produk jamur. Melalui digitalisasi online, penjualan jamur diharapkan lebih maju dan terus  meningkat. Produksi jamur di sentra jamur Plumbon berupa jamur mentah yang dibeli para pedagang dan personal di sekitar sentra penghasil jamur. Kemudian beberapa kelompok petani jamur juga telah mengembangkan produk olahan jamur berupa kripik.

Pada kesempatan ini tim pengabdian memberikan bantua sebuah Lap top untuk mendukung pemasaran secara online. Penyerahan dilakukan oleh ketua tim, Dr. Ambarwati, MSi kepada Ketua UMKM Gading Sukowati, Bapak Rudiyanto, MPd.

Penyerahan hibah disaksikan oleh Ketua LPMPP UMS Prof. Sarjito, PhD selaku pemonev kegiatan Pengabdian dan didampingi tim dosen dan mahasiswa. Prof. Ir.Sarjito. MT. PhD., sekaligus meninjau kegiatan di lapangan dan memberikan apresiasi cukup baik agar kolaborasi UKM dan perguruan tinggi (dosen dan mahasiswa) selalu dapat dikembangkan dan berkelanjutan sebagai bentuk hilirisasi riset dan aplikasi keilmuan. (anto/her)