Tim Monitoring Lakukan Monev BUMDes Gumelar Desa Rawa Selapan

INFODESA172 Dilihat
banner 728x90

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Dalam rangka pengembangan dan peningkatan kinerja BUMDes di Kabupaten Lampung Selatan. Tim ahli bersama pendamping lokal desa melakukan monitoring, evaluasi dan pendampingan BUMDes “Gumelar” Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro Kabupaten setempat, Senin (8/7/2024)

Tenaga ahli pendampingan BUMDes, Wulan mengatakan , pelaksanaan kunjungan monev tersebut adalah selain untuk memonitor tingkat perkembangan BUMDes, juga untuk mengetahui permasalahan dan hambatan-hambatan apa saja yang sering dihadapi baik oleh pengurus BUMDes maupun pemerintah desa.

“BUMDes merupakan lembaga  keuangan yang masih sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam mengembangkan usahanya.”kata dia.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Bupati Lamsel Minta Dinas PU-PR Untuk Segera Lakukan Perbaikan Trotoar

Dijelaskan hasil kunjungan monev yang dilaksanakan hari ini, tidak di temukan permasalahan yang dihadapi oleh BUMDes Gumelar.

“Alhamdulillah tidak ada temuan yang signifikan. Ini kunjungan sifatnya pembinaan dalam mengelola keuangan.”terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Rawa Selapan, Dwi Sujarwo menyampaikan, Pendirian BUMDes sendiri memiliki tujuan untuk mencari dan menambah Pendapatan Asli Desa (PA Desa). Sehingga diharapkan ke depan BUMDes bisa menjadi sumber utama pendapatan desa.

“Sehingga pendapatan transfer hanya sebagai pendukung saja bagi penyelenggaraan dan pembangunan desa.” ungkapnya.

Jarwo berharap, BUMDes nantinya akan tumbuh dan berkembang kearah yang sejalan dengan semangat berprofit dan beroperasional secara ideologis sehingga benar-benar mendatangkan benefit sebagaimana karakter yang harus ada di BUMDes.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Asisten Ekobang Lamsel Hadiri Penanaman Pohon Serentak Kodim 0421/LS

“Meskipun demikian BUMDes tetap juga mempunyai fungsi sosial yaitu untuk kesejahteraan masyarakat desa dengan menggerakkan potensi ekonomi lokal desa.”terangnya.

Menurutnya, Untuk Bundes Gumelar sendiri sekarang sudah memiliki bidang usaha Bundes, induk nya yaitu ternak kambing yang berjumlah 25 ekor untuk pengemukan yang di kelola oleh Bundes gumelar yang bertempat di Dusun 06 Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro kabupaten Lampung Selatan,”

“Mudah mudahan untuk kedepannya Bundes yang ada di desa kami lebih maju untuk kedepannya dan selalu berkomonikasi denga desa yang baik”, tutupnya (Bambang)