oleh

Tiga Kali Berturut-Turut Bumi Lamaranginang Raih Predikat I KIP Sulsel

MAKASSAR, INFODESANEWS – Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yabg berjuluk Bumi Lamaranginang, kembali mempertahankan Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik di Sulawesi Selatan(Sulsel) dengan kualifikasi menuju informatif. Sejak pertama kali digelar pada 2017, Luwu Utara selalu menduduki Peringkat I. Ini berarti bahwa Luwu Utara telah mencetak hattrick, tiga kali beruntun menduduki Peringkat I Keterbukaan Informasi Publik di Sulawesi Selatan.

Hal ini disampaikan Kabag Humas & Protokoler Lutra, Syahruddin melalui jejaring WhatsApp nya pada media ini, Selasa(10/12) bahwa, penghargaan diserahkan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah (NA) kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, pada malam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik, di taman Lakipadada rumah jabatan gubernur.

BACA JUGA  Berantas Pandemi Covid-19, Koramil 0802/10 Slahung Bersama Tiga Pilar Blusukan di Pasar Tradisional

“Ajang penganugerahan Keterbukaan Informasi ini dapat dijadikan sebagai barometer Keterbukaan Badan Publik di Sulawesi Selatan,” tutur Ketua Komisi Informasi Sulsel, Pahir Halim.

“Dengan melalui acara ini, seluruh Badan Publik dapat belajar dan tentunya telah teruji dalam menjalankan komitmennya sesuai UU KIP,” lanjutnya.

Ia mengatakan, pimpinan dari seluruh badan publik dituntut untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik di daerahnya masing-masing. “Kami akan lebih giat lagi mendorong badan publik agar menyadari urgensi dari keterbukaan informasi publik demi kemajuan bangsa dan negara,” tuturnya.

BACA JUGA  Cegah Dan Minimalisir Terjadinya Garkum, Kodim Ngawi Gelar Penyuluhan Kepada Anggota

Sekadar diketahui, untuk pemeringkatan tahun ini, kualifikasi terbaik yang diraih Badan Publik Kabupaten/Kota masih pada tataran kualifikasi “Menuju informatif”, belum ada yang mencapai Kualifikasi “Infomatif”.

Berikut pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kabupaten/Kota 2019: (1) Kabupaten Luwu Utara; (2) Kota Parepare; (3) Kabupaten Bone; (4) Kabupaten Sinjai; (5) Kabupaten Bantaeng; (6) Kabupaten Luwu Timur; dan (7) Kota Makassar.(yustus)

Berita