Ternyata Calon Bupati, Egi Memiliki Gelar Adat Lampung

INFODESA1012 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Tak banyak orang tua, Calon Bupati Lampung Selatan Radityo Egi Pratama, memiliki gelar atau Adok dalam adat Lampung.

Menantu Mendag Zulkifli Hasan itu ternyata memiliki Adok Lampung sejak tahun 2012 dengan menyandang adok Khadin Sampurna.

Hal tersebut diungkapkan Tumenggung Tongkak Podang, Ruslan kepada awak media, Sabtu (7/9/2024)

Dikatakan, Gelar Adok dalam adat Lampung Saibatin Way Handak, tidak sembarangan diberikan atau disematkan kepada seseorang. Gelar Adok akan diberikan berdasarkan keturunan, kemampuan, perjuangan dan telah berkarya untuk masyarakat luas.

“Pemberian Gelar Adok kepada Radityo Egi Pratama setelah menikahi Zita Anjani yang merupakan putri kedua dari putra asli Lampung Zulkifli Hasan (Zulhas) pada tahun 2012 lalu.”kata dia.

Menurutnya Zulhas yang memiliki Gelar Adok Batin Eka Perkasa, kemudian Ayah Zulhas memiliki gelar Adok Kakhiya Paksi Marga dari Marga Dantaran.

“Saat pemberian gelar Adok kepada Radityo Egi Pratama dengan gelar Adok Khadin Sampurna dan Zita Anjani dengan gelar Adok Minak Khalangan, disampaikan oleh salah satu tokoh agama dan adat dengan gelar Adok Temenggung Sangon Dia dari Marga Dantaran.”ujarnya.

Adok Khadin Sampurna Jaya yang disematkan kepada Radityo Egi Pratama yang juga saat ini mencalonkan diri sebagai Bupati Lampung Selatan, merupakan keluarga besar dari masyarakat Lampung Selatan khususnya.

“Beliau sudah berbuat untuk masyarakat dengan membuka sekolah SMA Kebangsaan. Beliau juga memang sangat peduli dengan dunia pendidikan. Selain itu, dengan dibukanya SMA Kebangsaan telah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat, ” katanya.

Mengenai pencalon Radityo Egi Pratama hendaknya masyarakat menggunakan akal pikiran yang sehat tanpa harus menjelek-jelekkan atau mengkotak-kotakan asal daerah atau apapun. Sebab, sejatinya Negara Indonesia merupakan Bhineka Tunggal Ika.

“Tanpa ada maksud lain hanya sebagai contoh, banyak dari daerah kita berdomisili dan ber KTP seperti di Jakarta atau berdomisili didaerah lainnya. Apalagi saat ini, EGI pernah menjabat menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) pusat. Untuk saat ini, EGI menjabat sebagai Ketua HPMI Provinsi Jawa Barat. Tentunya, jika EGI menjadi Bupati Lampung Selatan bisa mendatangkan para pengusaha untuk berinvestasi, dengan begitu membuka usaha serta membuka lapangan pekerjaan yang luas, sehingga membuat Lampung Selatan akan semakin maju,”pungkasnya (red)