Terkait Berita Penyebaran Covid-19 Yang beredar, FKPPK Tegaskan Ponpes di Kajen Tetap Kondusif

NASIONAL170 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Kajen (FKPPK) dan sekitarnya yang diwakili 52 pengasuh Pondok Pesantren melaksanakan pertemuan dengan Bupati Pati yang diwakili oleh Asisten I dan Kepala DKK Pati, Selasa malam (04/08/2020) di Masjid Kajen.

Pertemuan tersebut guna membahas tentang beredarnya beragam berita yang bisa meresahkan masyarakat terkait dengan penyebaran Covid 19 di Kajen.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga memberi informasi yang benar kepada pihak pemerintah daerah terkait segala upaya yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Pengasuh Pesantren Kajen dan Sekitarnya (FKPPK) terkait permasalahan tersebut.

Sehingga dengan demikian, terjadi pemahaman yang jelas bahwa beberapa santri yang positif Covid 19 berasal dari satu Ponpes yang sama dan sudah ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku. Sedangkan Ponpes-Ponpes lainnya di Kajen dan sekitarnya dalam keadaan kondusif dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan yang tegas.

Dari hasil pertemuan ini juga diharapkan bisa memberi gambaran dan pemahaman bersama di masyarakat bahwa kondisi pesantren di Kajen dalam keadaan kondusif. Di Kajen dan sekitar terdapat 64 Pesantren dan para santri yang positif covid 19 berasal dari salah satu pesantren yang ada.

M. Itqonul Hakim selaku Kasatgas Covid 19 FKPPK menyampaikan bahwa diberlakukannya penertiban santri Kajen dan sekitarnya adalah dengan membentuk satgas Jogo santri di setiap PonPes.

“Mereka bertugas memperketat penjagaan ponpes agar para santri tetap beraktivitas berada di dalam pondok dan tidak keluar dari Pondok. Upaya ini berjalan dengan baik, sebab ada kesadaran bersama dikalangan Pengasuh, Pengurus PonPes, Santri dan juga masyarakat”, ujarnya.

Ia menegaskan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya preventif terhadap penyebaran Covid – 19 agar tidak meluas di Ponpes-Ponpes yang lain maupun di masyarakat umum.

K.H. M. Mujiburrohman selaku Koordinator FKPPK menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan oleh FKPPK dan juga latar belakang lahirnya Maklumat I, II, dan III. Maklumat itu dikeluarkan tidak untuk menyudutkan atau membuat stigma negatif salah satu pihak.

“Hal ini diambil sebagai upaya pencegahan dan memberi informasi yang jelas kepada masyarakat khususnya pesantren di Kajen dan sekitarnya untuk bersama-sama membangun kesadaran bersama dalam mengahadapi Covid – 19”, jelasnya.

Kiai Mujib juga menyebut bahwa FKPPK selama ini selalu melakukan komunikasi dengan Bupati selaku ketua Satgas Covid 19 Pemkab, DKK, Puskesmas terkait penanggulangan dan segala upaya pencegahannya.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Pati yang di wakili oleh Asisten I Muchtar menyampaikan Apresiasi kepada FKPPK yg ikut membantu pemerintah dlm melakukan tindakan pencegahan dan penanganan covid 19 terhadap santri.

“Sebab kondisi pandemi yang ada saat ini memang masalah global yang harus dihadapi bersama-sama”, pungkasnya.

Berita Terkait

Baca Juga