Tanamkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Siswa MTsN

INFODESA110 Dilihat

 

SAMARINDA-INFODESANEWES.– Satgas TMMD-104, Tanamkan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 41 Siswa MTsN 3 Penajam Paser Utara (PPU) Salah satu anggota satgas TMMD- 104 Pelda Imron menyambangi MTsN 3 PPU di Kec. Sepaku dan memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 43 orang siswa dan siswi, Sabtu (9/3/2019)

Mengawali penyampaiannya di depan seluruh siswa dan siswi di MTsN 3 PPU di Kec Sepaku membahas tentang pemahaman wawasan kebangsaan dan bela negera untuk mencapai Ketahanan Negara.

Kesadaran kebangsaan merupakan hal yang menjadi perekat batin seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan konsep kebangsaan itu sendiri menjadi konsep yang mendasar bagi bangsa kita. Dalam kenyataannya, konsep kebangsaan itu telah dijadikan dasar Negara dan Ideologi Nasional yang terumus dalam Pancasila sebagaimana halnya dalam Pembukaan UUD 1945.

Kita ini adalah bangsa Indonesia dari sabang sampai Merauke yang terdiri dari beraneka ragam suku, agama, ras dan golongan dengan keanekaragaman itulah merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Tuturnya.

Fajar salah satu siswi MTsN 3 PPU di Sepaku menanyakan bagaimana  wujud  tindakan nyata bela Negara bagi kami para siswa siswi. Katanya.

Pelda Imron menjelaskan tindakan nyata pelajar dalam usaha bela negara adalah aktif dalam kegiatan OSIS, aktif terlibat dalam kegiatan pramuka, Kegiatan dalam kegiatan intrakurikuler di sekolah, aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler lainnya, seperti olahraga, kesenian, pencinta alam, kelompok diskusi dan debat, aktif dalam berbagai kegiatan Positif lainnya. Jelasnya.

Wawasan kebangsaan sangat penting ditularkan kepada para siswa dan siswi, sehingga mereka memahami apa itu tentang persatuan dan kesatuan, semangat gotong royong, saling menghormati antar agama yang satu dengan yang lainnya, semangat Nasionalisme, dan saling tolong-menolong.Selesai penyuluhan siswa MTsN 3 PPU diberikan latihan baris berbaris oleh Pelda Imron.

Sumber Penerangan 091/ASN