Tahun 2023 Idm Desa Sumber Jaya Meningkat

INFODESA63 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS – Pemerintah desa Sumber Jaya, kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, Laksanakan Musyawarah IDM dan SDGs tahun 2023.

Nampak Hadir dalam Musyawarah IDM dan SDGs tahun 2023 di desa Sumber jaya pada hari ini,Kades Sumber Jaya,Kasi Ekobang beserta jajaran,Kordinator Pendamping Tingkat Kecamatan, BPD,Pendamping desa serta para Aparatur desa Sumber Jaya.Selasa (13/6/2023)

Dalam Indeks Desa Membangun (IDM) Sustainable Develpoment Goals (SDGs) desa Sumber Jaya pada tahun 2022 sampai tahun 2023 mengalami peningkatan dari 0,7754,Persen menjadi 0,77843,Persen dan Desa Sumber Jaya besetatus Desa Maju.

Dalam sambutan pembuka, Idham Selaku Kepala Desa Sumber Jaya,yang pada kesempatan di hari ini,menyampaikan rasa terimakasih kepada BPD dan seluruh Aparatur desa Sumber Jaya yang dapat hadir dalam acara Pemuktahiran Data IDM Dan SDGs Tahun 2023 di Balai Desa Sumber Jaya Pada Hari ini.

Dalam kemajuan dan perkembangan desa Sumber Jaya saat ini sampai dengan kedepanya,itu semua tidak luput atas kerjasama seluruh para aparatur desa Sumber Jaya.Pungkasnya.

Rhama Natha Yeppy.SE,selaku Kordinator Pendamping Tingkat Kecamatan (KPTK) Kecamatan Jati Agung,menerangkan bahwa dalam Pemberdayaaan masyarakat desa Sumber Jaya,yang maksud dan tujuan dalam kegiatan ini mensosialisasikan pemutakhiran data IDM berbasis SDGs.th 2023 .

Yang diharapkan dapat memahami maksud dan tujuan, dasar pelaksanaan, alur dan proses kegiatan dan rencana kerja tindak lanjut pemutakhiran IDM berbasis SDGs dan implikasi lapangan yang diharapkan kan agar dalam perencanaan pembangunan desa, mendasarkan semua.

kegiatan yg akan dilaksanakan dgn berbasis IDM Desa sehingga desa membangun sosial, ekonomi dan lingkungan dengan arah yang benar.Sambungnya.

Indeks Desa Membangun (IDM) merupakan Indeks Komposit yang dibentuk bedasarkan tiga Indeks, yaitu, Indeks ketahanan Sosial, Indeks ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Lingkungan.

Mohamad Sodikun.S.Pd,selaku staf Ekobang Kecamatan Jati Agung menerangkan bahwa,Indeks Desa Membangun Mengarakan pada Ketepatan interbensi dalam kebijakam dengan korelasi interbensi pembangunan yang tepat dari pemerintah sesuai dengan partisipasi masyarakat yang nerkolerasi dengan karakteristik wilayah desa yaitu Tipologi dan modal Sosial.

Maka dari itu peran penting aparatur desa, yang salah satunya,Kaur Pembangunan,agar dapat bersama masyarakat bisa mencari titik titik dalam infrastruktur,agar kedepanya dapat mempermudah akses jalan di bidang pertanian dan menuju pasilitas kesehatan dan lainya.(Ronald)