Tagana Semarang Tanam Mangroove

INFODESA144 Dilihat

Semarang, Infodesanews.com – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ke 11 Tagana Kota Semarang Kemarin (6/5) melakukan tanam mangroove di Pantai Tapak, jalan Tapak Tugurejo, Tugu Kota Semarang.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Yarmawan Said dalam arahan apel pembuka menekankan agar para pegiat lingkungan yang mengikuti kegiatan tersebut ikhlas demi mencegah atau setidaknya mengurangi abrasi dan banjir yang sering melanda kawasan kecamatan Tugu. Kegiatan pelestarian lingkungan, menurutnya, merupakan bagian dari pengembangan karakter kesukarelawanan.

Mengukuhkan hal serupa, Camat Tugu, Anton Siswartono mengungkapkan, abrasi yang terjadi di kecamatan tersebut cukup tinggi. Dam yang dibangun pada masa lalu tidak awet dan kurang efektif. Terbukti, cara alami dengan tanaman mangroove lebih efektif dalam mencegah abrasi. Lebih lanjut dia menyatakan, terdapat 2 aliran sungai yang selama ini meluap di musim penghujan menurut rencana akan dilakukan normalisasi pada tahun mendatang.

Dalam kesempatan tersebut ia menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Semarang. Menurutnya, di bawah arahan Tommy Y Said mengalami perkembangan yang tampak nyata. Selain itu, ia juga menyatakan terima kasihnya terhadap peran CSR PT Wing’s dan PT Indoofood yang selalu membantu manakala terjadi banjir di wilayah tersebut.

Ditambahkan, kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai unsur potensi yang ada; TKSK, PSM, Tagana, Tagana Difabel, Karang Taruna, Pendamping PKH, pegawai non ASN, BPBD, dan PMI serta komunitas pecinta lingkungan Prenjak dengan bantuan mangroove dari PT Indofood dan PT Phaphros. Menurut rencana, penanaman dilanjutkan sore hari