Swadaya Pembangunan Jalan Usaha Tani Desa Tambaksari

INFODESA172 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Guna meningkatkan sektor pertanian, Desa Tambaksari Kec. Blora Kab. Blora terus membuat program guna mempermudah aktivitas masyarakat dalam bertani. Seperti program pembangunan jalan usaha tani, yang  dibangun di wilayah  Dukuh Tambaksari 1 Desa Tambaksari . Menurut Kepala Kepala Desa M.Mujaini mustain saat ditemui di tempat pelakaanaan kegiatan pada Sabtu, (8/72018), pembangunan jalan usaha tani tersebut diperlebar 2,5 m sampai 3 m sesuai panjang jalan yang sudah ada .

Menurutnya, pembangunan jalan usaha tani tersebut sangat dibutuhkan guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani. Sebab, jalan yang biasanya digunakan masyarakat cenderung menyulitkan, karena belum memiliki akses yang memadai. Seperti diketahui, ada sejumlah sektor komoditas pertanian yang menjadi unggulan di kampungnya, seperti padi dan jagung .

Jalan usaha tani sendiri diakuinya, sudah menjadi program rutin pihaknya sejak beberapa tahun lalu. Hal itu dilakukannya, untuk memberikan fasilitas mobilisasi kepada masyarakat agar mudah dilalui. Karena disampaikannya, jika fasilitas pertanian minim, maka jelas akan berdampak pada hasil panen nantinya. Untuk itu secara sukarela dan swadaya warga saling bergotong royong dan bahu membahu untuk pengembangan jalan pertanian desa Tambaksari .

“Untuk itu, petani harus diberi kemudahan, agar aktivitas mereka selama bertani menjadi lancar,” bebernya.

Dirinya yakin, dengan fasilitas yang memadai, petani tidak hanya bersemangat dalam bertani, melainkan juga dapat memacu peningkatan produksi pertanian di kampungnya. Sehingga secara tidak langsung,Desa Tambaksari dapat berpartisipasi mewujudkan swasembada pangan.

Dirinya berharap, dengan adanya kebersamaan antar warga Desa Tambaksari sejumlah fasilitas pertanian itu, petani di kampungnya dapat lebih bersemangat dalam bertani. Apalagi, kampungnya memiliki potensi pertanian yang cukup baik.

“Pertanian tetap menjadi salah satu prioritas kami. Kita ingin dengan pertanian, masyarakat lebih sejahtera. Untuk itu, sebagai pemerintah kampung, kita selalu mendukung penuh petani di sini, terutama menyediakan fasilitas dasar,” tandasnya M. Mujaini.(Arf/Aras)