SUNGKEM RAJA, Gibran Tegaskan Akan Carikan Investor Untuk Revitalisasi Keraton Surakarta

NASIONAL, PERISTIWA309 Dilihat

SOLO, INFODESANEWS | Pertemuan antara Walikota dan Raja Keraton kali ini boleh dibilang memiliki catatan sejarah tersendiri. Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Sinuhun Paku Buwono XIII menghadiri undangan #Wali Kota,#Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Rabu Siang (4/1).

PB XIII datang ke Loji Gandrung bersama dengan permaisuri Gusti Kanjeng Ratu PB XIII Hangabehi, anaknya yang sudah diangkat sebagai putra mahkota Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya, beserta adik raja GKR Koes Moertiyah.

Kedatangan PB XIII itu langsung disambut Gibran dengan sungkem sebelum memasuki gedung utama Loji Gandrung.

Gibran mengatakan diundangnya kedua belah pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang selama ini berkonflik dalam pertemuan tersebut salah satunya untuk menyampaikan visi misi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terhadap Keraton Solo.

Terkait sudah damainya kedua kubu yang selama ini berkonflik, Gibran menyambut baik hal itu dan oleh sebab itupula pihaknya mengundang keduanya dalam pertemuan di Rumah Dinas Loji Gandrung.

Mengingat selama ini Pemerintah tidak bisa masuk lantaran terkendala konflik internal yang berlangsung belasan tahun.

“Kalau saya lihat kemarin dari kedua belah pihak juga sudah adem, makanya kita undang untuk memberikan penjelasan ke depannya seperti apa dan kenapa selama ini kita tidak bisa masuk (melakukan revitalisasi), ya karena itu tadi ada faktor yang menghambat,” tandas Gibran.

Gibran pun kembali menegaskan pihaknya masih memiliki komitmen untuk memperbaiki Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat asalkan kondisi internal bisa damai seterusnya.

“Untuk tahun ini memang belum bisa karena APBD 2023 sudah digedok tahun lalu, begitu juga dengan dana dari UEA sudah direncanakan untuk bangun kawasan Kelurahan Baluwarti dulu karena kemarin kan belum damai. Coba damainya sebelum aku ke UEA kan bisa dibicarakan. Tapi karena ini sudah digedok. Sudah dialokasikan anggarannya kita carikan solusi. Kita carikan investor baru lagi,” ungkapnya

Pihaknya pun berjanji akan mencarikan anggaran untuk perbaikan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Lihat dulu kebutuhannya apa prioritasnya apa. Investor siapa yang mau masuk siapa saja kita pilih dan pilah siapa saja ada komitmen. Kalau adem gini investor juga pasti mau masuk. Kami juga nggak mungkin bangun apik-apik nanti konflik lagi,” kata Gibran Rakabuming Raka. (*/Gilang/red slo)

Berita Terkait

Baca Juga