STUDIUM GENERAL PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN WAWASAN MAHASISWA SEKOLAH VOKASI UMS ANGKATAN XXI

SOLO – INFODESANEWS, Sekolah Vokasi UMS menyelenggarakan kegiatan studium general di gedung G, FEB lantai 2 dengan jumlah perserta 120 orang, pada Senin (12/9). Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatan pengetahuan, semangat dan motivasi mahasiswa mekanik alat berat, operator alat berat, maintenance crain, K3 migas dan K3 umum kemenaker.

Ada 9 Kompetensi yang hadir dalam kegiatan studium general tersebut. Adapun pembicara yang hadir 2 HRD dari Pt Pan brothers dan Pt Primatama Energi Nusantara serta Owner Cv Mega Putra Kencana. Nara sumber memiliki pengalaman yang luar biasa sesuai dengan bidangnya, sehingga mampu membangkitkan semangat para peserta.

Acara dibuka oleh Direktur Sekolah Vokasi UMS, Dr. Ir. Suranto. ST. MM. MSi menyampaikan pesan pentingnya skill, knowlegde dan attitude. Banyak perusahaan yang mementingkan soft skill terutama attitude hal ini sebagai dasar penguasaan skill dan knowlegde dalam sinergi, kolaborasi, kerja dalam superteam dan tidak lagi super man. Direktur menyampaikan pula keseriusan dalam belajar, magang dan kegiatan yang dilakukan di Sekolah Vokasi UMS, agar sebelum lulus dapat diterima oleh perusahaan-perusahaan mitra UMS.

Kegiatan dilanjutkan arahan, motivasi dan orasi dari Wakil Rektor I, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno. MHum, pentingnya inovasi, kreasi dan invensi (IKI) bagi mahasiswa dalam menapaki kehidupan, mencari dan mencipta pekerjaan, memenuhi kebutuhan dalam kehidupan dan kehidupan bermasyarakat.

Pemateri pertama Agustina Indri dari PT Pan Brothers menyampaikan tentang karir dan calon karyawan yang dibutuhkan di Dunia Industri, terutama PT Pan brothers. Sedangkan pemateri kedua Aris Hernawan (Pt Primatama Energi Nusantara) menyampaikan tentang karir dan prospek kerja di dunia tambang batu bara. Apalagi kedua perusahaan tersebut telah merekrut alumni dari Sekolah Vokasi UMS. Pemateri ketiga Owner dan rental bidang alat berat Handoko Prapto, yang mengajak para mahasiswa untuk bisa menjadi calon pengusaha di bidang alat berat (baik mekanik, operator ataupun konstruksi). Kegiatan dilaksanakan jam 09.00-12.00, dan diikuti semua mahasiswa baru Sekolah Vokasi UMS.

Melalui kegiatan studium general mahasiswa termotivasi dan diharapkan terbangun mental, mindset positif dalam membangun kecerdasan, perilaku, karakter dan pengetahuan, ketrampilan mahasiswa. Kegiatan kurikulum dan pembelajaran, di Sekolah Vokasi UMS telah menggabungkan ilmu agama dan ilmu sains teknologi dalam rangka mendukung pembentukan kepribadian, karakter dan mental serta keilmuwan siswa, ditambahi dengan Achievement Motivation Training dan Bintalsik. Kegiatan juga digunakan sebagai pembukaan akan dimulainya kegiatan pembelajaran dikelas. Kegiatan di ikuti dengan seksama, fokus dengan suasana yang sangat menyenangkan. Kegiatan seperti ini sangat menginspirasi, memberikan motivasi, memberikan penyegaran dan mampu menambah wawasan dan semangat pemahaman keilmuan dan keagamaan bagi para peserta. (anto/her). 

Berita Terkait

Baca Juga