oleh

Solo Raih Anugerah Jaringan Kota Pusaka Indonesia Award 2021

SOLO — INFODESANEWS, Pemkot Solo mendapatkan Anugerah Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Award 2021. Penghargaan diberikan dalam kongres JKPI di Ballroom Puri Begawan Bogor Jumat (3/12). Penghargaan diberikan karena Solo masuk sebagai Kota Deklarator Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua Presidium JKPI H. Alfedri Kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo Agus Santoso. “Hari ini kami berikan penghargaan kepada tokoh yang telah berjasa dalam pelestarian budaya. Penghargaan diberikan kepada kota kota deklarator JKPI sejumlah 12 daerah,” katan Alfedri.

Sementara itu, Kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo Agus Santoso menegaskan dengan penghargaan ini mengukuhkan Solo sebagai kota budaya. “Kami mendapatkan anugerah JKPI Award sebagai salah satu Kota Deklarator JKPI dalam Kongres JKPI V, karena acara JKPI pertama kali digelar di Kota Solo,” kata Agus.

Acara JKPI pertama kali digelar di Kota Solo tahun 2008 silam. Salah satu inisiator organisasi ini adalah Presiden RI, Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Walikota Solo. “Tujuan dibuatnya organisasi ini untuk menjaga kelestarian BCB (benda cagar budaya) peninggalan sejarah di Indonesia, melestarikan nilai-nilai budaya masa lalu untuk kemajuan masa kini dan masa mendatang,” papar dia.

BACA JUGA  Mulyadi Saleh: Minang Rua Bakal Jadi Wisata Unggulan di Lampung Selatan

Diketahui, Kota Solo mendapatkan penghargaan bersama 12 kota Deklarator lainnya yaitu Yogyakarta, Ternate, Banda Aceh, Bengkulu, Ambon, Bau- Bau, Pangkal Pinang, Salatiga, Jakarta Utara, Bogor, Sawahlunto.

Kongres JKPI V yang dilaksanakan di Bogor tanggal 2-4 Desember 2021, diikuti oleh 40 Kepala Daerah, dibuka oleh Staf Ahli Kementerian Bappenas Suhardi. Kongres JKPI V diawali dengan pameran produk unggulan dan pagelaran budaya nusantara di Bogor Creative Center. Kemudian dilanjutkan kongres dan diakhiri dengan City Tour di Prasasti Batu Tulis Bogor. (ismail/hr)