Solar di Sukoharjo Langka, BRM Kusumo Putro Minta Pemerintah Segera Turun Tangan

INFODESA, PERISTIWA196 Dilihat

SUKOHARJO, INFODESANEWS | Kabar kelangkaan solar di sejumlah daerah kian meresahkan. Bertebaran di sejumlah media sosial tentang keluhan para sopir pengguna solar kini mengaku kesulitan mendapatkan solar. Seperti video viral di SPBU Begajah Sukoharjo, yang beredar beberapa hari terakhir ini.

Prediksi langkanya solar kali ini sudah pernah disampaikan oleh Ketua LSM LAPAAN RI, Dr BRM Kusumo Putro SH MH, salah satu tokoh masyarakat Solo, dua bulan lalu.

“Benar sesuai prediksi kami, bahwa Solar mulai langka, pemerintah harus segera turun tangan. Tapi apa? Kami belum melihat aksi pemerintah untuk mengatasi masalah ini. Kini kelangkaan solar makin parah seiring kelonggaran PPKM,” kata Kusumo, Rabu 20 Oktober 2021.

Kusumo melihat pemerintah menyepelekan masalah ini, padahal solar merupakan bahan bakar kendaraan yang mengangkut bahan kebutuhan pokok masyarakat, artinya sangat berpengaruh pada roda perekonomian daerah.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Transparan!!! Bupati Cek Tes CAT Seleksi Perangkat Desa

“DPR-RI dan kepala daerah harus turun tangan. Jangan ada pembiaran lagi, karena yang kena imbasnya adalah pelaku usaha kecil yang menggantungkan hidupnya pada mesin solar seperti UMKM, nelayan, petani,” tegas Dr BRM Kusumo Putro.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Hadiri Deklarasi Pilkades Damai, Asisten Pemerintahan Dan Kesra Tekankan Kondusifitas

Merespon viral tentang kelangkaan solar tersebut, Polres Sukoharjo langsung melaksanakan patroli ke sejumlah SPBU di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Bahkan, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan terjun sendiri memantau informasi yang beredar tentang kelangkaan solar khususnya di wilayah Sukoharjo.

Kapolres menegaskan, bahwa pihaknya akan menindak tegas kepada oknum-oknum yang melakukan penimbunan solar. “Jadi kalau di wilayah kita memang ada oknum yang melakukan penimbunan, maka kita akan melakukan penindakan,” jelasnya.(Panut JP / Jen)