SMPN 1 Baebunta Lutra, Ikuti Lomba UKS Tingkat Provinsi Sulsel

PENDIDIKAN96 Dilihat

SULSEL(LUTRA), INFODESANEWS – Suasana SMP Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara, nampak meriah dengan aksi drum band siswa-siswi sekolah tersebut. Sekolah yang terletak di jalan poros Trans Sulawesi ini, mendapat kunjungan Tim Penilai Lomba UKS Tingkat Provinsi Sulawesi -Selatan(Sulsel), yang dipimpin oleh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sulsel, H. Suherman, yang hadir bersama 5 orang anggota Tim Penilai yang berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu(4/3/2020) kemarin.

“Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Kecamatan Baebunta Hairul Muslimin pada media ini, Kamis(5/3/2020) bahwa, SMP Negeri 1 Baebunta yang di depan Kantor Puskesmas Baebunta itu, menjadi wakil Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang untuk mengikuti lomba tersebut di tahun 2020,” ucapnya.

Kepala Puskesmas(Kapus) Baebunta, Hairul Muslimin, SKM menambahkan bahwa saya hadir menyambut dan mendampingi Tim Penilai Lomba UKS yang mana merupakan event tahunan untuk menilai pengembangan Upaya Kesehatan Sekolah(UKS) yang dilakukan oleh pihak sekolah.

” Tim Penilai UKS Provinsi Sulawesi Selatan datang melihat, mengevaluasi dan melakukan verifikasi lapangan meliputi administrasi dan pelayanan kesehatan di UKS, penyediaan sarana ibadah dan proses belajar mengajar yang mendukung kesehatan siswa.” terang pria yang akrab disapa Irul ini.

Anggota Tim Penilai untuk bidang Kesehatan, Yani Ringan Ronde, S. ST, berkunjung langsung ke sekretariat UKS SMP Negeri 1 Baebunta. Ibu berkaca mata ini melihat administrasi UKS meliputi Surat Keputusan terkait UKS, laporan pelayanan, hasil penjaringan kesehatan anak sekolah, serta meninjau perlengkapan dan obat-obatan yang tersedia di UKS, kantin sehat dan pengelolaan sampah di sekolah.

Hairul Muslimin menilai pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar dan berharap lomba tersebut dapat memotivasi pihak sekolah dan seluruh siswa untuk terus menerapkan sekolah sehat.

” Pihak sekolah dan siswanya tentu diharapkan menjaga kebersihan lingkungan sekolah, berperilaku hidup bersih dan sehat dengan terus membiasakan cuci tangan pakai sabun, makan makanan sehat yang dijajakan di kantin yang sehat pula, tidak ada praktik merokok di sekolah dan memiliki kesiapsiagaan mengantisipasi siswa yang sakit,” pungkas pria yang berjenggot ini.(yustus)