SMAN Baturraden Siapkan Generasi Emas Lewat Pramuka

PENDIDIKAN140 Dilihat

PURWOKERTO, INFODESANEWS – Gerakan Pramuka Gugus Depan Gatot Subroto Cut Mutia pangkalan SMA Negeri Baturraden, menggelar kegiatan perkemahan penerimaan anggota ambalan, Jumat-Sabtu (16-17/11) di halaman sekolah setempat. Kegiatan diikuti 354 calon anggota ambalan, dibuka Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dakwati Usadmi.

Kepala sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan (Mabigus) Siti Isbandiah mengaku sangat medukung perkemahan penerimaan anggota ambalan sebagai sebagai sarana pembentukan karakter. Dalam kegiatan dibuat sedemikian rupa agar menyenangkan untuk belajar nilai-nilai kepramukaan, seperti kedisiplinan, kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, keberanian dan ketrampilan.

“Kegiatan ini dibuat menyenangkan, agar mereka sejenak melepas rutinitas. Kegiatan outbound misalnya mereka harus membangun kerjasama membangun komitmen dengan beberapa teman barunya, ini akan menjadi wahana menempa kepribadian anggota pramuka yang berkarakter untuk menyiapkan generasi emas” kata Isbandiah

Menurut Isbandiah belajar tidak mengenal ruang dan waktu, tidak terbatas pada tembok tembok kelas saja. Melalui Pramuka, karakter mereka akan terbentuk untuk menuju generasi emas tahun 2045.

Ketua Gugus Depan (Gudep) Mariyati, mengatakan perkemahan diikuti 354 calon anggota ambalan, Dewan Ambalan sebagai pelaksana lapangan dan didampingi oleh para Pembina. Acara juga dihadiri pengurus ranting dan Dewan Kerja Ranting (DKR) Kecamatan Baturraden.

Menurut Maryati kegiatan perkemahan merupakan proses atau tradisi pramuka di Gudepnya sebagai langkah awal dalam melatih kedesiplinan, kepemimpinan dan kerja keras. Mereka dilatih bukan lagi sebagai pramuka peggalang tetapi dididik menjadi pramuka penegak yang tanggap, tangkas, disiplin, kreatif dan kritis terhadap setiap permasalahan.

“Sebelum diterima resmi menjadi anggota ambalan, mereka telah melalui proses pendidikan dan pelatihan penegak, mulai dari penerimaan tamu ambalan, dan proses pendidkan dan kecakapan umum selama lebih dari 3 bulan,” katanya

Sementara itu Pradana putri Ika Cahyati menambahkan bahwa rangkaian kegiatan dimulai dari penyerahan benda adat, Tes SKU, pengenalan ambalan, sosialisasi wawasan nasionalisme, pentas seni, api unggun, renungan dan wide game.

“Dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan mereka resmi menjadi keluarga besar Ambalan Gugus Depan Gatot Subroto Cut Mutia sehingga diharapkan mempunyai tangung jawab dalam pelaksanaan pendidikan kepramukaan dan prestasi pramuka SMA N Baturraden,” katanya. (ito/yn)