Sharing Tupoksi, Bakor DPRD Kabupaten Poso Koordinasi ke Luwu Utara

NASIONAL80 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Sebagai upaya meningkatkan kinerja, Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Poso Sulawesi Tengah melakukan kunjungan kerja ke BK Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, Jumat 4 Juni 2021 kemarin. Rombongan kunjungan kerja yang dipimpin Samuel Munda selaku Wakil Ketua DPRD Poso, diterima Wakil Ketua DPRD Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Karemuddin, S,PdI.

“Wakil Ketua DPRD Kabupaten Poso, Samuel Munda, SE yang juga Putra Toraja tinggal di Pendolo, menyampaikan kunjungan kami dari Kabupaten Poso untuk sharing informasi tentang kewajiban-kewajiban Badan Kehormatan (BK) selaku pengawas internal anggota dewan, terutama dalam penegakan disiplin anggota dewan dalam melaksanakan kinerja sebagai pelayan masyarakat,” ungkapnya pada wartawan media ini Via WhatsApp, Sabtu 5 Juni 2021.

“Selain itu juga sharing tentang tugas BK yang tidak hanya mengawasi Anggota DPRD saja, tapi sebagai penjaga dan meningkatkan koordinasi untuk sama-sama saling menjaga disiplin di lembaga Legislatif,” tutur Samuel Munda

Politisi Partai Demokrat Kabupaten Poso ini, juga menyampaikan jika Badan Kehormatan memiliki kode etik dan hak untuk pengawasan terhadap anggota Dewan. Diantaranya dalam penegakan disiplin dan kinerja. Dimana jika ada ditemukan permasalahan maupun pengaduan wajib untuk ditindak lanjuti sesuai fakta dan bisa dipertanggung jawabkan.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Rusak Rumah Warga

Wakil Ketua DPRD Poso ini mengungkapkan, jika BK mempunyai tugas meneliti dugaan pelanggaran yang dilakukan Pimpinan atau anggota DPRD terhadap Sumpah atau Janji, Tata Tertib dan Kode Etik. Termasuk melakukan penyelidikan, verifikasi, dan klarifikasi atas pengaduan Pimpinan DPRD, Anggota DPRD dan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Luwu Utara, Karemuddin, S.PdI dari fraksi PAN yang juga Ketua DPC PAN Luwu Utara, berharap dengan adanya kunjungan kerja ini, selain bisa menambah pengalaman dan wawasan anggota Kabupaten Lutra, juga untuk meningkatkan koordinasi dengan DPRD Kabupaten Poso, sehingga hubungan kerja bisa selalu berjalan maksimal.

Ditegaskan Karemuddin bahwa, Badan Kehormatan sangat berperan penting dalam kelembagaan, yang mana alat kelengkapan DPRD ini harus memiliki keahlian dan kemampuan strategis dalam melaksanakan tugas dan fungsi kelembagaan, sehingga mampu dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih atau ‘Good and Clean Governance’ sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Fina Rahmawati SD Negeri 1 Balong Kecamatan Kunduran, Juara 1 Kaligrafi

“Saya berharap dengan adanya kunker ini, selain bisa menambah pengalaman dan wawasan anggota DPRD Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang, juga untuk meningkatkan koordinasi dengan DPRD Kabupaten Poso, sehingga hubungan kerja bisa selalu berjalan maksimal,” terang Karemuddin.

Polisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, salahsatu tugas dan fungsi Badan Kehormatan (BK) DPRD adalah, memantau, mengevaluasi disiplin dan kepatuhan terhadap kode etik serta tata tertib dalam rapat, menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD.

” Selain itu juga melaporkan hal yang mendasar keputusan Badan Kehormatan. Memang fungsi tugas dari BK ini mereka harus mengevaluasi disiplin anggota Legislatif guna menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas lencana Legislatif dan sekaligus melaporkan apa yang mendasari keputusan Badan Kehormatan,” beber Wakil Ketua DPRD Lutra.

Sekadar diketahui rombongan Badan Kehormatan DPRD Poso yakni, Samuel Munda, Soeharto Kandar, Dharma G Mondolu, wakil ketua BK dan anggota lainnya serta Sekwan DPRD Poso Jhon Yus Madoli. (yustus)