Sertu Slamet Riadi Dampingi Warga Kerja Bhakti Membuat Saluran Air

INFODESA84 Dilihat

TULUNGAGUNG, INFODESANEWS– Babinsa Desa Ngentrong Sertu Slamet Riadi bersama masyarakat dan perangkat desa Ngentrong melaksanakan kerja bakti membuat saluran air di areal persawahan desa Ngentrong, Sabtu (10/08/2019).

Saluran air di sekitar persawahan mempunyai peran yang sangat penting bagi para petani sebagai usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air untuk menunjang pertanian. Untuk itu perannya tidak bisa disepelekan karena menyangkut sukses tidaknya kegiatan pertanian para petani.

Tujuan pembangunan sarana saluran air di area persawahan desa Ngentrong ini agar dapat meningkatkan produksi usaha tani masyarakat khususnya pengelolaan tanaman padi di lokasi persawahan masyarakat yang sangat strategis untuk dikembangkan menjadi sumber peningkatan produksi padi dalam mewujudkan swasembada beras di desa setempat.

Saluran irigasi yang dibangun di persawahan akan menjadi tolok ukur dalam memenuhi kebutuhan air persawahan masyarakat sekitar. Jika suplai air melalui saluran air persawahan lancar menyukupui kebutuhan pertumbuhan padi dari mulai awal tanam hingga menjelang panen, diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian para petani.

Sertu Slamet Riadi menyampaikan bahwasanya pembuatan saluran air pada area persawahan desa Ngentrong tersebut dilakukan agar air dapat mengaliri areal sawah dengan baik. Namun saluran yang dibangun harus tetap dijaga kebersihannya oleh para masyarakat, hal ini penting mengingat saluran air yang kotor dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan air area sawah dimana saluran air tersebut dibangun.

“Saluran air yang dibangun penting bagi pemenuhan kebutuhan air, namun tetap harus diperhatikan kebersihan saluran air tersebut.” tutup Babinsa Desa Ngentrong tersebut.***hrm.