Sertu Abdul Aziz Babinsa Tanjung Redeb Pantau Pelabuhan Alternatif Singkuang – Limunjan

INFODESA, NASIONAL45 Dilihat

BERAU.INFDESANEWS.COM –  Lalu lintas kendaraan yang melewati Jembatan Sambaliung, akses utama dari enam Kecamatan menuju Kota Sanggam, Tanjung Redeb dan sebaliknya, mulai kembali normal sejak di bukanya Jembatan Sambaliung pada tanggal 10 Agustus 2023 oleh Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Berau. Meski begitu, belum semua kendaraan bisa melewati jembatan tersebut, pasalnya, sampai saat ini pembangunan jembatan masih dikerjakan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Babinsa Koramil 0902-04/Tanjung Redeb (TRD) jajaran Kodim 0902/Berau bersama instansi terkait lainnya sampai dengan saat ini masih melaksanakan monitoring dan pemantauan situasi dermaga alternatif Singkuang – Limunjan guna menciptakan situasi aman dan nyaman kepada penumpang kapal LCT khusus kendaraan roda empat dan enam.

Seperti yang dilakukan salah satu Babinsa Tanjung Redeb Sertu Abdul Aziz yang tampak terlihat sedang melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaan dan penumpang kapal LCT serta anak buah kapal atau ABK di dermaga alternatif Singkuang – Limunjan, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau. Jum’at (8/9/2023) malam.

Pelaksanaan pemantauan penumpang dermaga penyeberangan, merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa bertujuan untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Selain itu juga sebagai sarana mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat.

“Sebagai Babinsa, kami harus selalu ada di tengah-tengah warga binaannya, agar komunikasi dengan warga dapat terjalin dengan baik, sehingga berbagai informasi yang terjadi dapat terdeteksi secara dini dan cepat tentukan langkah untuk menyelesaikannya,” ujarnya Sertu Abdul Aziz.

Salah satu tujuan komunikasi sosial di dermaga adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat, sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat.

Terpisah, Danramil 0902-04/TRD Kapten Arm Sarmidi mengatakan, Babinsa adalah ujung tombak kesatuan di lapangan. Untuk itu, saya harapkan para Babinsa yang ada di Koramil 04/TRD untuk selalu mengadakan kegiatan Komsos bersama warganya.

“Lebih lanjut ia mengatakan, dengan adanya Babinsa yang berkeliling mengadakan Komsos di wilayah binaan, maka Babinsa dapat mengetahui segala informasi kegiatan yang ada di desa binaannya,” tuturnya.

“Dengan adanya kegiatan Komsos yang dilaksanakan Babinsa bersama warga akan menguatkan kemanunggalan TNI-Rakyat untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutup Danramil.(Mur)*