Sepanjang 2021, Sebanyak 1.155 Anak Mengikuti Program Sunatan Gratis

INFODESA88 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sepanjang tahun 2021, sebanyak 1.155 anak dari keluarga kurang mampu di wilayah Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti program sunatan massal.

Sunatan massal yang dilakukan di 27 UPT Puskesmas yang tersebar di 17 Kecamatan wilayah Lampung Selatan, merupakan salah satu program dan inisiatif Bupati Lampung Selatan H Nanang Ermanto dan Istri Hj Winarni Nanang Ermanto.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Joniansyah, kegiatan tersebut dapat di ikuti seluruh anak warga Lampung Selatan dan tidak ada syarat khusus.

“Siapapun boleh ikut, yang ingin di khitan gratis, tinggal datang ke ke puskesmas terdekat. Ngak ada syarat, cukup datang saja ke wilayah kerja di Puskesmas masing-masing. Nanti sudah dilayani, tidak ada syarat-syarat khusus,”kata Joni, Minggu (16/1/2022)

Dijelaskan kegiatan tersebut tercetus atas dasar inisiatif Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto beserta sang istri Hj. Winarni, sebagai gerakan peduli kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Program itu atas dasar inisiatif bapak bupati dan ibu, agar kita melaksanakan salah satu kegiatan gratis di masing-masing Puskesmas. Ini kita lakukan di seluruh Puskesmas,” terang Joni

Sementara itu Bupati Lampung Selatan, H Nanang Ermanto mengatakan program tersebut merupakan salah satu bentuk kegotong-royongan dari seluruh OPD di lingkup Pemerintah setempat.

“Dengan progrma ini akan langsung menyentuh masyarakat sampai kebawah.”kata dia.

Lebih lanjut dikatakan gerakan sunatan gratis ini dilaksanakan setiap hari Jumat di masing-masing UPTD Puskesmas. Namun tidak serta merta serentak pada hari yang sama. Hal tersebut dikarenakan, saat ini Pemkab Lampung Selatan tengah fokus menggencarkan vaksinasi Covid-19.

“Inshallah program ini akan terus berlanjut di tahun 2022. Tapi memang tidak serta merta serentak semua Puskesmas berjalan sekaligus dihari yang sama. Tergantung dengan situasi Puskesmasnya, nanti Puskes yang bersangkutan yang akan menyampaikan kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing kapan mereka akan melaksanakan sunat massal itu,”imbuhnya.

Diketahui sejak kepemimpinannya, bukan hanya program Sunatan gratis, Namun banyak program yang sudah dilakukan dan menyentuh langsung ke masyarakat. Mulai dari program bedah rumah, santunan korban kebakaran, Sunat gratis dan program lainnya merupakan visi kegotong-royongan yang telah menjadi semboyan.

“Saya tidak mau dengar lagi ada warga yang kehujanan atau kepanasan karena rumahnya tak layak huni. Begitu juga dengan sunat gratis, saya tak mau lagi dengar ada warga yang kesulitan biaya untuk di khitan. Maka kita adakan program Sunat gratis. Kami bersama akan bekerja keras mensejahterakan rakyat,” Tegas Bupati yang merakyat itu. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga