Semarak Pesta Siaga Kwaran Karangtengah Wonogiri, Tanamkan Pendidikan Karakter dan Nilai Kebersamaan

INFODESA, PENDIDIKAN368 Dilihat

WONOGIRI, INFODESANEWS | Kwartir Ranting (kwaran) Karangtengah Kabupaten Wonogiri menggelar Pesta Siaga yang diiikuti barung putra dan 17 barung putri dari perwakilan sekolah dasar se-kecamatan Karangtengah. Kegiatan pesta siaga ini yang digelar di SDN 1 Temboro, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Ketua Panitia Basuki Rohman, S.Pd.M.Pd, kegiatan Pesta siaga merupakan kegiatan rutin  tahunan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka baik itu Ranting, Tingkat cabang, maupun tingkat pusat. Pesta siaga juga merupakan  sarana pembelajaran bagi anggota pramuka siaga dan sekaligus sebagai sarana untuk berlatih mandiri. “Imbas dari era  sekarang ini  generasi anak – anak  yang sudah hilang sopan santun dan luntur nilai budi pekertinya maka dengan adanya Pesta Siaga diharapkan dapat  memupuk rasa rasa Nasionalisme  dan Wawasan Kebangsaan bagi anak – anak, dengan usia 7 s/d 10 tahun pola pendidikan dan karakter akan sangat mudah diterima anak – anak. Semoga kegiatan pesta siaga akan bermanfaat bagi anak anak,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Kwaran Karangtengah Sugi, S.Pd saat membuka acara menyampaikan amanat berharap kegiatan ini dapat berjalan aman dan lancar. “Saya selaku Ketua Kuaran Karangtengah, mengucapkan terima kasih dari semua instansi yang telah berkenan membantu pelaksanan pesta siaga,” ucapnya. 

BACA JUGA  Pj Bupati Harapkan Penguatan Remaja Masjid

Dijelaskan, pesta siaga kali ini mengambil tema siaga berbudaya,berkarakter dan berjiwa merdeka. Momen seperti ini adalah momen yang membahagiakan bagi anak – anak karena akan saling bertemu, saling mengenal temem – temen dari SD lain menuju nilai baik disiplin semangat tinggi.

Tidak hanya itu, Pesta siaga kali ini juga merupakan ajang berkopetensi secara positif dalam upaya untuk meraih hasil yang maksimal dalam menuju pesta siaga ke tingkat lebih tinggi  yaitu tingkat  Kwarcab Kabupaten.

Menurut Sugi, ada banyak hal yang bisa dipelajari melalui kegiatan pramuka. Tidak hanya menjadi generasi yang mandiri dan berkarakter, anak-anak juga tetap bermain sambil belajar melalui kegiatan pramuka. “Mereka tetap bisa bermain sambil belajar banyak hal positif. Yaitu kedisiplinan, kepedulian terhadap sesama.” ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan Kepala SD Negeri 1 Temboro, Rita Nurhidayati, S.Pd, M.Pd. Menurutnya,  pesta siaga digelar dalam rangka membina dan mengembangkan jiwa kekeluargaan dan persaudaraan sesama Pramuka Siaga. Mengembangkan sikap terbuka dan berbagi pengalaman, pengetahuan dan kecakapan. ”Melalui pesta siaga, dijadikan ajang untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, wawasan kebangsaan, serta kesadaran berbangsa dan bernegara. Membentuk pribadi yang tangguh, mandiri dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan,” tandas Rita.

BACA JUGA  15 Ribu Benih Ikan Ditaburkan Bupati Blora di Bendungan Randugunting

Syarat Wajib

Sekedar diketahui, Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Siaga adalah syarat wajib yang harus dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga untuk mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). TKU dalam Pramuka Siaga ada tiga tingkatan, yaitu siaga mula, siaga bantu dan siaga tata. Untuk bisa melalui tiga tahapan ini, anggota harus bisa menyelesaikan setiap tahapan yang ada dalam tingkatan pramuka siaga.

Berikut daftar juara pesta siaga Kwaran Karangtengah di SDN 1 Temboro ;

-Juara 1 Pesta siaga Barung Putra SD N 1 Ngambarsari.

-Juara 2 SD N 3 Ngambarsari

-Juara 3 SD N 2 Ngambarsari

-Juara 1 Barung Putri SD N 1 Karangtengah

-Juara 2 SD N 2 Jeblokan

-Juara 3 SD N 4 Purwoharjo

(*/Rita N/red slo)