Selama Empat Tahun Seorang Kakek Tinggal Digubuk Terbuat Dari Ranting Dan Sisa Barang Bekas

INFODESA85 Dilihat

Lampung Selatan Infodesanews.com — Zakaria Umar seorang kakek asal Jember Jawa Timur sudah Empat Tahun terahir tinggal di Gubuk yang terbuat dari ranting dan sisa barang bekas di pelosok Desa Totoharjo Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan.

Berdasarkan informasi yang di dapat Infodesanews.com, Zakaria Umar yang mempunyai masalah kejiwaan yang hidup sebatang Kara dan tinggal di areal perkebunan milik warga dengan kondisi yang tak layak.

Tak banyak hal yang dapat disampaikan oleh Kakek asal Jember Jawa Timur ini. “Dulunya saya kesini (Lampung) tahun 1980 untuk merantau. Saya sempat berjualan jam tangan,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Totoharjo, Imam Bukhori, menjelaskan, Kakek Zakaria perlu mendapat perhatian dari Pemerintah setempat. Terutama mengenai kondisi kejiwaannya.

“Dulu saat pertama datang kesini pada tahun 1980 an masih muda dan enerjik. Beliau juga sempat punya rumah di wilayah Totoharjo atas,” kata Imam Kepada awak media, Kamis (16/5)

Imam menambahkan, sebelumnya pengurus Desa bersama dengan warga sekitar, sudah berupaya untuk memberikan tempat tinggal yang layak untuk Kakek Zakaria.

“Namun Sudah tiga kali kami buatkan gubuk, selalu berakhir seperti ini kondisinya, penuh dengan sampah,” ujar Imam lagi.

Beliau juga sempat diajukan untuk menerima bantuan dari Dinas Permukiman. Karena syarat untuk mendapatkan bantuan itu yakni harus memiliki lahan sendiri, jadi gagal,”pungkas Imam (SG)