Sekolah Vokasi UMS Selenggarakan Sosialisasi dan Serah Terima Wali Mahasiswa Angkatan XXI Secara Daring

SUKOHARJOINFODESANEWS, Sekolah Vokasi UMS menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan serah terima mahasiswa pada wali mahasiswa secara daring, Kamis (1/9).

Kegiatan yang diikuti seluruh orangtua wali mahasiswa lebih dari 200 peserta (orangtua wali dan mahasiswa) yang dilaksanakan secara daring, hal ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi, antara lembaga dengan orang tua mahasiswa sekaligus meningkatkan rasa kepercayaan konsumen, stakeholder terhadap institusi tempat mahasiswa mencari ilmu, menggapai mimpi dan mewujudkan cita citanya. Stake holder dalam kegiatan tersebut banyak yang hadir dan memberikan apresiasi yang sangat baik. 

Kegiatan dimulai pukul 09.00-12.00, dipimpin langsung oleh Direktur Sekolah Vokasi UMS, Dr.Ir. Suranto, ST. MM. MSi, dan dialog seputar prospek kerja bersama Wakil Direktur Ir. Amin Sulistyanto, ST. MT.,M.Si, Bursa Kerja Khusus: Usman Birul Walidain. ST, beserta staf Sekolah Vokasi UMS yang disambut antusias oleh pihak wali mahasiswa. 

Mahasiswa yang mengikuti pendidikan dan pelatihan hadir dari berbagai daerah, orang tua wali paling jauh dari Maluku untuk wilayah timur, Kalimantan untuk wilayah utara dan wilayah Sumatera Selatan wilayah barat serta Banjarnegara untuk wilayah Selatan. Orang tua wali memberikan masukan dan apresiasi tentang kerjasama Vokasi dengan DUDI, menyampaikan rasa terima kasihnya karena sosialisasi program yang disampaikan sangat mengesankan dan sangat optimis anak-anaknya nanti lulus cepat mendapatkan pekerjaan.

BACA JUGA  UMS Gelar Kegiatan Monev Internal Wirausaha Merdeka

Lebih dari 100 mahasiswa, angakatan XXI ini, meliputi program kompetensi mekanik alat berat, operator alat berat, maintenance crain, electrical plumbing, kapal pesiar, administrasi kantor, K3 Umum kemenaker, K3 migas, animasi 3D.  

Kegiatan pembelajaran di Sekolah Vokasi dibuka 15 kompetensi dan ditiap kompetensi memiliki mitra dari DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) sehingga lulusannya langsung bekerja sesuai harapan mitra DUDI. Rangkaian serah terima wali mahasiswa, akan dilanjutkan dengan kuliah umum, kemudian Achievement Motivation Training dan Bintalsik, dilanjutkan dengan materi pelatihan dan magang di DUDI mitra. 

Kondisi ini disesuaikan dengan mitra tempat mereka nanti On The Job Training atau magang industri. Kebanyakan saat magang peformance mahasiswa cukup baik, langsung diterima bekerja menjadi karyawan ditempat magang. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar serta kepercayaan wali mahasiswa, serta doa dari wali dan keikhlasan dari wali mahasiswa agar kerjasama dan kekeluargaan antara pihak kampus dan pengguna terjalin dengan baik. Dukungan semua pihak dan keikhlasan dalam menyerahkan putera/puterinya menempuh pendidikan sesuai dengan kompetensi yang ditempuh mahasiswa.  

Semoga mahasiswa dapat belajar dengan baik, bekerja sesuai kompetensinya, menjadi generasi pengisi pembangunan dengan intelektual yang cerdas, lulusan berkualitas dan berakhlaq karimah. (anto/her)