Secara Resmi Kadis PMD Lamsel Buka Kegiatan Pelatihan Media Warga

INFODESA117 views

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebanyak 45 peserta dari 3 Desa di wilayah Lampung Selatan, dibawah binaan LSM Paluma Nusantara, mengikuti pelatihan Media Warga.

Pelatihan Media Warga yang dipusatkan di Aula pertemuan D,sas Caffe Kalianda Lampung Selatan itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lampung Selatan, Erdiyansyah, Rabu (14/9/2022)

mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi LSM Paluma yang telah memberikan binaan kepada 3 Desa rawan bencana di wilayah Lampung Selatan.

Kepala Dinas PMD Lampung Selatan Erdiyansah sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh LSM Paluma Nusantara ini.

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi LSM Paluma yang telah memberikan binaan kepada 3 Desa rawan bencana di wilayah Lampung Selatan.”kata mantan Camat Kalianda itu.

Menurutnya LSM Paluma ini bukan hanya memberikan pembinaan untuk meningkatkan ketangguhan di wilayah rawan bencana di Lampung Selatan, dengan pengembangan ekonomi Desa meliputi FGD penentuan skala prioritas pengembangan ekonomi di masing-masing Desa, peningkatan kapasitas personil Bumdes dan Pemdes (pelatihan dan study banding), pelatihan-pelatihan dan pendampingan usaha bagi petani, peternak, pelaku usaha skala rumah tangga termasuk pelaku usaha yang tergabung dalam forum penyandang disabilitas.

BACA JUGA  Pendaftaran Peserta Pilkades PAW Desa Beringin Kencana Resmi di Tutup

“Tapi juga memberikan pelatihan
untuk mendukung pengembangan SID, dengan melakukan pengorganisasian masyarakat dalam sebuah Tim Media Warga yang akan mengembangkan transparansi dan akuntabilitas di masyarakat untuk mengetahui kegiatan-kegiatan pembangunan yang dilakukan di desa.”kata Erdy.

Sementara itu Expert livelihood Umi Azizah mengatakan, Tim Media Warga adalah perwakilan masyarakat yang mensupport kegiatan Sistem informasi desa menjadi bagian dari transparansi dan akuntabilitas.

“Dalam pelatihan ini Tim Media Desa dibekali pengetahuan tentang Sistem Informasi Desa dan seluk beluknya serta cara membuat tulisan dalam citizen jurnalisme dan meningkatkan kapasitas peserta dalam cara mengambil gambar untuk menginformasikan setiap kegiatan melalui situs web Desa.”kata Umi sapaan akrabnya itu pada infodesanews.com,

Diketahui kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari itu di ikuti sebanyak 45 peserta dari Tiga Desa yang dibawah binaanya yakni Desa Suak Kecamatan Sidomulyo, Desa Kunjir dan Sukaraja Kecamatan Rajabasa, dengan Program inklusi disabilitas, manajemen risiko (bencana), dan pengembangan ekonomi Desa. (Red)