Sebanyak 3000 Rumah Tangga Miskin Di Kecamatan Candipuro Lampung Selatan Terima Bantuan

INFODESA134 Dilihat

Lampung Selatan, Infodesanews — Sebanyak 14 Desa yang ada di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan, mendapatkan bantuan Dari Dinas Peternakan dan Hewan Kabupaten Lampung Selatan, berupa Bibit Anak Ayam.

Bantuan yang di salurkan oleh Dinas Peternakan dan hewan kepada Rumah Tangga Miskin bertujaun guna menakan angka kemiskinan yang ada di Desa hingga di bawah 10 persen, dalam program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di tahun 2018.

Bantuan tersebut di berikan kesetiap Rumah Tangga Miskin ( RTM ) berupa Bibit Ayam sebayak 50 ekor anak ayam per Kepala Keluarga RTM di 14 desa yang ada di Kecamatan Candipuro.

Kepala Dinas Perternakan dan Hewan Kabupaten Lampung Selatan. Dr. Arsyad. Mengatakan bahwa Kabupaten Lampung Selatan. telah mendapatkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejehtera (Bekerja)  yang mana Program dari Presiden,

“Belum banyak juga yang mendapatkan Program ini, baru 10 Provinsi, dari Provinsi yang ada di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Lampung.”kata Arsyad kepada Infodesanews.com. saat di di temui di ruang kerjanya. Selasa (28/8)

Sedangkan untuk Provinsi Lampung,  yang mendpatkan bantuan dari Program tersebut yakni di Kabupaten Lampung Selatan,  itu pun baru kita laksanakan di dua Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan,  dintaranya Kecamatan Candipuro dan Kecamatan Kalianda.”ujar nya.

Dengan adaya program ini kepala dinas Peternakan dan Hewan berharap kepada RTM bisa keluar dari garis kemiskinan dan  meningkatkan pendapatan sesuai dengan anjuran Presiden, “bahwa Program Bedah kemiskinan ini adalah program padat karya tunai berbasis pertanian dan ini harus bisa menekan angka kemiskan khususya di desa.

“Program Bekerja ini harus bisa mewujudkan klaster ekonomi yang fokus sehingga dapat menopang skala industri di daerah dan angka kemiskinan di Desa bisa menurun,

“Jika semuah ini di lakukan dengan baik dan ada niat untuk agrobisnis.”harap Arsyad.

Sementara itu Kepala UPT perternakan dan Hewan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lampung Selatan. Babay Sobari menjelaskan bahwa Program (Bekerja) yang di terima oleh RTM yang ada di Kecamatan Candipuro. dari kepela keluarga RTM mendapatkan 50 ekor ayam per RTM,

“Untuk wilayah Kecamatan Candipuro ada sekitar 3000 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tersebar di 14 Desa yang ada di Kecamatan Candipuro. yang mendapatkan bantuan dari Program tersebut.”kata Babay Sobari.

Selain bantuan berupa Anak Ayam, juga dapat bantuan dana tunai untuk pembuatan kandang sebesar Rp. 500 ribu rupiah Per Keluarga RTM, Namun saat ini Dana tersebut belum cair atau belum keluar. selain itu juga dapat  pemberian pakan selama 6 bulan,”pungkas Babay. (SG/Slmt)