oleh

SDN 4 Cibangkong Belajar di Kantor Bupati Banyumas

PURWOKERTO, INFODESANEWS – Dalam rangka pembelajaran proyek dan literasi, siswa kelas 5 SD Negeri 4 Cibangkong melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Banyumas, Kamis siang (20/02). Pada kunjungan ini, siswa disambut oleh Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan, Parsito. Ia pun turut mendampingi kegiatan kunjungan belajar siswa.

Didampingi oleh Parsito, anak-anak diajarkan tentang sejarah singkat tentang Pendopo Si Panji, Sejarah Pendopo Djoko Kahiman, serta mempelajari tatanan pemerintahan Kabupaten Banyumas.

“Anak-anak belajar yang rajin ya. Jadilah anak yang berprestasi. Nanti siapa tau bisa masuk ke Ruang Djoko Kahiman, karena hanya tamu tamu Bupati dan anak-anak terpilih saja yang bisa masuk ke situ”, ucapnya.

Meskipun siang ini terasa terik, anak-anak tetap semangat dan antusias mengikuti kegiatan belajar outdoorstudy. Dibuktikan dengan banyaknya siswa yang semangat menjawab pertanyaan yang diberikan pada sesi quiz, lima anak mendapatkan reward karena dapat menjawab pertanyaan dengan sempurna.

Salah satu pendamping Guru kelas 5 SD Negeri 4 Cibangkong, Eni Yuniarti mengatakan kegiatan kunjungan belajar dilakukan dalam rangka mempelajari mata pelajaran pada tema ketujuh yaitu proyek dan literasi.

“Pembelajaran proyek adalah pembelajaran yang menggunakan proyek atau media dimana nanti anak-anak akan mendapatkan masalah dan anak diminta untuk memberikan jawaban secara langsung”, kata Eni Yuniarti.

Sesuai dengan tujuan daripada kurikulum 2013 yaitu anak-anak dapat belajar mencintai tanah air dan dapat sejarah daerah tempat tinggalnya, anak-anak diharapkan dapat memperoleh wawasan tentang Kabupaten Banyumas.

“Dengan adanya kegiatan belajar ini saya harap anak-anak dapat mengetahui tempat-tempat penting dan bersejarah di Kabupaten Banyumas, karena seringkali saya mendapati anak-anak yang kurang wawasannya seputar daerah sendiri”, ucap Eni Yuniarti.

Tidak hanya mengunjungi Kantor Bupati Banyumas, Eni Yuniarti mengatakan hari ini anak-anak juga mengunjungi berbagai tempat bersejarah seperti Museum Jenderal Soedirma dan Museum BRI. Lalu setelah itu kunjungan dilanjutkan ke Masjid Agung Baitussalam dan Taman Kota Andhang Pangrenan. (Ayyasi)

Berita