Satgas Pamtas RI-Malaysia Lakukan pemeriksaan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di Mahakam Ulu

INFODESA, PENDIDIKAN164 Dilihat

MAHAKAM ULU, INFODESANEWS.  – Untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan RI-Malaysia, personel Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad melakukan pemeriksaan rutin bagi para pelintas batas di Kabupaten Mahakam Ulu, Minggu (29/3/2020).

Selain menjaga stabilitas keamanan, pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi pelintas batas tidak resmi dan penyelundupan barang-barang serta dengan maraknya berita yang menghebohkan dunia, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad juga melaksanaan pengecekan suhu tubuh terhadap para pelintas untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mahakam Ulu.

Untuk itu, pemeriksaan difokuskan pada identitas diri, dokumen kendaraan dan pelintas batas negara, barang-barang yang dibawa oleh pengendara serta kondisi kesehatan perorangan tersebut. Setiap pelintas dan kendaraan yang melintas di jalan perlintasan Kabupaten Mahakam Ulu, baik dari Negara Indonesia maupun Negara Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang dimulai dari perorangan serta depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan yang dibawanya.

“Pemeriksaan difokuskan pada kondisi kesehatan para pelintas, identitas diri, dokumen kendaraan dan pelintas batas negara serta barang-barang yang dibawa oleh pengendara. Setiap pelintas dan kendaraan yang melintas, baik dari Negara Indonesia maupun Negara Malaysia dilakukan pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku yang dimulai dari perorangannya, depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan”, papar Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM Kostrad Lettu Inf Honest Marlin, S.T.Han.

Menurut Pasi Intel, kegiatan pengecekan rutin  yang dilaksanakan personel Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad terhadap pelintas batas dilakukan di jalan perlintasan yang berlokasi di depan Pos Kotis desa Batu majang Kecamatan Long bagun Kabupaten Mahakam Ulu.

Selain jalur sungai, jalan darat yang melewati pos kotis merupakan jalur strategis bagi pelintas yang bisa dilalui warga baik dari Indonesia menuju Malaysia maupun sebaliknya.

Penulis Murdi

Berita Terkait

Baca Juga