Sat Shabara Polres Blora Bersihkan Puluhan Pucuk Senjata Api

INFODESA112 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Sat Shabara Polres Blora pagi tadi diperiksa dan membersihkan puluhan pucuk senjata api (senpi) inventaris laras panjang milik  Selasa (07/11/2017). Sudah menjadi kegiatan rutin setiap minggunya, Sat Sabhara Polres Blora mengecek dan membersihkan senjata api dinas.

Kegiatan pemeriksaan senpi yang positif tersebut, dilakukan usai Apel pagi bertempat di halaman belakang samping ruang Tahanan. kegiatan ini dipimpin langsung Kasat Shabara Polres Blora AKP Siswanto didampingi KBO Iptu Kusnio dan beberapa personil senior Sat Shabara lainnya.

Pemeriksaan sendiri meliputi semua aspek, mulai dari kelengkapan administrasi kepemilikan senpi, kondisi, serta kebersihannya. Beberapa jenis senpi guna menunjang proses pelaksanaan kedinasan Sat Sabhara itu diantaranya SV2, MK–58, Roger Mini, dan AK-2000.

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H melalui Kasat Shabara AKP Siswanto menegaskan, tujuan dilaksanakannya pemeriksaan senpi ini selain dalam rangka pengawasan, juga untuk menjamin kondisinya agar tetap baik saat digunakan.

Temuannya, beberapa senpi diantaranya memang ada yang kotor karena debu.

“Ada beberapa senjata dari anggota yang kotor, maklum karena dipakai buat dinas jaga hutan maupun pengawalan rutin. Selanjutnya saya minta anggota agar membersihkan dengan menggunakan cairan khusus. Kita ingin agar senjata itu jangan sampai kotor apalagi macet saat digunakan dalam keadaan kontijensi,” kata Siswanto.

Tidak seperti biasanya, dalam kegiatan pemeriksaan kali ini, anggota Bintara Remaja Polres Blora juga diberi pengetahuan tentang tata cara melakukan bongkar pasang dan pembersihan senjata oleh Instrukrur Senior agar tidak ada pelanggaran saat memegang senpi.

“Kita tekankan terutama bagi personel Bintara Remaja yang notabennya masih muda belum memahami cara bongkar pasang senjata. Untuk itu pada kesempatan ini kita berikan pengetahuan cara bongkar pasang dan membersihkan senjata, serta pengetahuan tentang peraturan menggunakan senjata api yang baik dan benar” terang Kasat Sabhara AKP Siswanto.( Ar/ IKS)