Rumah KPM Program Keluarga Harapn Di Way Panji Mulai Dipasang Tanda Khusus

INFODESA144 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sejumlah rumah di wilayah Kecamatan Way Panji, Kabupaten Lampung Selatan, khusus bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) mulai di beri tanda khusus, yang bertuliskan “Keluarga Pra Sejahtera Penerima PKH Dan BPNT.

Pemasangan tanda khusus itu dilakukan oleh pendamping PKH tingkat Kecamatan dan disaksikan langsung oleh Camat setempat, Koordinator PKH Kabupaten Lampung Selatan, Kades Balinuraga, dengan pengawalan pihak Kepolisian, TNI, serta LSM.

Pemberian tanda khusus bagi KPM dari PKH itu merupakan bentuk transparasi terhadap bantuan dari Kemensos RI, agar masyarakat tahu siapa saja penerima bantuan PKH.

“Kalau sudah dikasih tanda khusus, masyarakat tahu dengan sendirinya siapa saja yang menerima PKH. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial, sekaligus mensosialisasikan ke masyarakat luas agar tidak lagi terjadi ketimpangan. antara yang pantas menerima PKH dan tidak pantas lagi menerima.” kata Koordinator PKH Kabupaten Lampung Selatan. Salasi pada Infodesanews.com, Selasa (26/11/2019)

Kepala Desa (Kades) Balinuraga, Kecamatan Way Panji, Made Suwede mengatakan, pemasangan tanda khusus itu menggunakan Cat Lilox yang dipasang di dinding depan rumah KPM bantuan PKH. Dimana, pemasangan yang dilaksanakan secara swadaya.

“Ya, penempelan ini merupakan kerjasama antara Pendamping PKH dan Pemerintah Desa Balinuraga. Disamping itu, menjalankan atas Surat Edaran Plt Bupati Lampung Selatan, Nomor 060/0995/IV.06/2019 tentang himbauan penulisan rumah KPM bantuan PKH,” kata dia

Menurut Pendamping PKH tingkat Kecamatan, Wayan Ana Maolina, Pemasangan tanda khusus atau penempelan stiker PKH akan dilaksanakan disemua rumah bagi penerima KPM PKH yang di wilayah Kecamatan Way Panji.

“Untuk di Kecamatan Way Panji sendiri terdapat 575 KPM dari PKH, yang tersebar di Empat Desa di wilayah Kecamatan Way Panji. dari jumlah tersebut akan kami berikan tanda khusus yang kita mulai dari desa Balinuraga, mudah-mudahan dalam satu bulan kedepan yang kita targetkan semuanya selasai.” ujar Wayan.

Sementara itu Camat Way Panji, Isro Abdi. berharap kepada keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang sudah mampu agar secara sukarela melepaskan diri dari program bantuan sehingga posisi mereka dapat diisi oleh keluarga pra-sejahtera lainya yang membutuhkan.

“Dengan diberikannya label ‘Keluarga Pra Sejahtera’ di masing-masing rumah KPM. diharapkan dengan sendirinya untuk mengundurkan diri dengan suka rela dengan kata lain Graduasi. Bagi KPM yang sudah mampu.” pungkas Isro.

(Sg)