Rumah Katrina Paliran di Desa Tete Uri, Hangus Rata dengan Tanah Dilalap si Jago Merah

NASIONAL122 Dilihat

SULAWESI SELATAN, INFODESANEWS – Kebakaran hebat menghanguskan sebuah rumah warga di Dusun Sarambu I, Desa Tete Uri, Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Senin (2/1/2022) sore.

Dari informasi dihimpun, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 Wita. Pertama kali diketahui oleh Zed (50), yang merupakan Kepala Dusun Sarambu I.

Bangunan rumah panggung itu diketahui milik Katrina Paliran (48). Dalam kejadian itu nampak puing-puing rumah hangus beserta sejumlah perabotannya rata dengan tanah.

Kepala Dusun Sarambu, Zed, yang dikonfirmasi di lokasi mengatakan bahwa kejadian berawal saat korban hendak mandi sore, namun saat masuk ke kamar untuk mengambil handuk, tiba-tiba korban melihat percikan api dari kabel listrik yang berada di atas dinding rumah.

Tidak lama berselang api langsung membesar dan membakar pada bagian kamar, lalu korban berusaha menyelamatkan surat-surat berharga miliknya, namun tidak sempat dikarenakan api semakin membesar.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kodim 0912/Kutai Barat melaksanakan Pra TMMD ke 110 di Desa Long Hubung

“Setelah api membesar di dalam kamar lalu merembet ke bagian belakang rumah, korban lalu berlari keluar dan berteriak meminta tolong, sehingga warga berdatangan untuk saling membantu memadamkan api,” sebut Zed.

Dia menyebutkan, untuk proses pemadaman yang dilakukan oleh warga sekitar menggunakan alat seadanya dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas setempat.

“Api berhasil dipadamkan kurang lebih satu jam setelah personil Damkar Luwu Utara tiba di lokasi, namun rumah tersebut sudah rata dengan tanah. Selanjutnya petugas melakukan pendinginan di lokasi kebakaran,“ jelas Zed.

Sementara itu, Kapolsek Sabbang Iptu Gustan, melalui Bhabinkamtibmas Aiptu Yunus Taruk Kabanga mengatakan dalam kejadian tersebut beruntung tidak ada korban jiwa, namun pemilik rumah mengalami kerugian materil yang cukup banyak, lantaran rumah serta sejumlah barang berharga dan perabotannya rata dengan tanah.

BACA KONTEN LAINNYA ---->
Kapolresta Denpasar Serahkan Penghargaan ke 57 Personel Yang Berprestasi

“Kejadian ini tidak berlangsung lama dikarenakan seluruh rumah terbuat dari kayu dan sudah lapuk, sehingga rumah tersebut habis terbakar dan rata dengan tanah. Kerugian materil diperkirakan sekitar Rp 200.000.000,” ungkap Aiptu Yunus kepada media ini, Senin malam.

Lebih lanjut, Yunus menyebut, pemilik rumah tersebut trauma atas kejadian yang menimpanya, dan sementara telah di evakuasi pihak keluarga ke rumah tetangganya.

“Korban masih syok dengan kebakaran ini, saat ini sudah ditenangkan pihak keluarga dan tetangganya,” ujar AIPDA Yunus.

Atas peristiwa itu, personil Polsek Sabbang telah melakukan identifikasi di lokasi kejadian untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting arus pendek. (Yustus)