Respati-Astrid Resmi Mendaftar Pilwalkot Solo 2024, Pasukan Satgasus GRIB Solo Pasang Pagar Betis di KPUD

SOLO – INFODESANEWS.COM, Bakal pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Solo, Respati Ardi dan Astrid Widayani (Respati-Astrid), resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo pada Kamis (29/8/2028). Pasangan ini diusung oleh 11 partai politik (parpol) yang tergabung dalam koalisi besar, termasuk partai parlemen dan non-parlemen.

Pasangan Respati-Astrid didampingi oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, atau lebih dikenal sebagai Gusti Bhre, penguasa Pura Mangkunegaran. Sebelumnya, Gusti Bhre sempat diprediksi akan menjadi bakal calon wali kota Solo yang diusung oleh koalisi besar.

Koalisi ini terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, PSI, PAN, PKS, PKB, serta enam partai non-parlemen seperti Partai Nasdem, Perindo, Demokrat, PPP, dan PBB.

Sebelum menuju kantor KPU Kota Solo, rombongan berkumpul di Pura Mangkunegaran sejak pukul 12.00 WIB. Pada pukul 13.30 WIB, Gusti Bhre bersama Respati dan Astrid keluar dari Candi Ratna di kompleks Pura Mangkunegaran dan menuju mobil yang telah disiapkan. Ketiganya berangkat bersama dalam satu mobil menuju kantor KPU Kota Solo.

Sesampainya di Jalan Kahuripan Utara Raya, rombongan disambut oleh ratusan massa yang sudah menunggu di sepanjang jalan menuju kantor KPU Kota Solo. Massa tersebut terdiri dari simpatisan partai pengusung Respati-Astrid, serta relawan Astrid dan relawan wakil presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Disepanjang jalan juga nampak Pasukan Satgasus GRIB Jaya Solo pasang pagar betis mengamankan pasangan Respati- Astrid.

Setibanya di kantor KPU Kota Solo, rombongan paslon dan partai pengusung diterima langsung oleh komisioner KPU Kota Solo. Mereka kemudian diarahkan masuk ke aula untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Ketua KPU Kota Solo Bambang Christanto menyatakan pihaknya telah menerima pendaftaran pasangan Respati Ardi dan Astrid Widayani.

“Pendaftaran sudah kami terima, kami catat, dan kami verifikasi bersama admin Silon (Sistem Informasi Pencalonan). Semua sudah sinkron, tidak ada masalah,” ujar Bambang Christanto. (Redslo/cindy)