Rendy: Pembangunan SDM Lebih di Utamakan

INFODESA, LIFESTYLE81 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, mengatakan, ada tiga prioritas dalam penggunaan Dana Desa (DD) 2022, sesuai juklak juknisnya.

Dikatakan. Prioritas pertama yakni Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) seperti mendukung dan membina usaha kecil masyarakat serta penyertaan modal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Tahun depan DD juga bisa dianggarkan untuk mitigasi penanganan dan penanggulangan bencana dan non bencana. Dan prioritas nasional sesuai dengan kewenangan desa yang selaras dengan program nasional. Prioritas selanjutnya masih menunggu Juklak dan Juknis program pusat.” kata Rendy dalam arahannya.

Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Ta-2022 desa Banjarsuri Kecamatan Sidomulyo,yang dipusatkan di Balai Desa setempat, Kamis (2/9/2021)

Rendy juga berharap kedepan untuk mengupayakan dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena pembangunan SDM lebih utama, dengan memiliki SDM yang mumpuni dapat meningkatkan perekonomian, selain perekonomian desa juga perekonomian keluarga.

“Nantinya di vinal dalam pelaksanaan MusrenbangDesa dapat menghadirkan instansi terkait, sesuai bidangnya, seperti halnya UPT kesehatan, PU dan UPT-UPT lainnya. Sehingga dapat memberikan jalan keluar terkait usulan-usulan yang dapat di prioritaskan.”kata mantan Sekcam Tanjungbintang itu.

(PJS Kades Banjarsuri bersama Tim pendamping desa dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa melakukan trael pembangunan di Dusun Paninjuan)

Sementara itu Penjabat Kepala Desa Banjarsuri Kecamatan Sidomulyo, Juliansyah, mengatakan Dana Desa (DD) Ta-2021 di tahap II ini dilaksanakan pembangunan berupa jalan cor di Dusun Paninjuan sepanjang 400 meter.

“Untuk penerimaan anggaran di tahap ke II ini kami laksanakan untuk pembangunan infrastruktur berupa jalan cor di Dusun Paninjuan sepanjang 400 meter.”kata dia

“Pembangunan yang mengunakan DD 2021, kami kerjakan sesuai dengan APBDesa yang telah menjadi prioritas dalam kesepakatan pada saat melakukan musyawarah dan sesuai dengan tahapan penerimaan Anggaran,”imbuhnya. (Red)