PWI Blora bersama SKK Migas Gelar Pelatihan Pra UKW 

INFODESA, PENDIDIKAN196 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blora menggelar pelatihan Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi para anggotanya. Pelatihan ini dilaksanakan di lokasi Desa Wisata Tempuran, Kecamatan Blora, Senin (15/7/2024).

Pelatihan Pra UKW ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi wartawan dan mempersiapkan mereka untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan yang tidak lama lagi akan dilaksanakan di sejumlah wilayah. Acara yang dibuka oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman tersebut, dihadiri oleh SKK Migas, Exxon Mobile Cepu Limited, Pertamina EP Field Cepu dan Blora Patragas Hulu (Perseroda).

Bupati Arief Rohman, mengapresiasi kepada PWI Blora atas penyelenggaraan pelatihan Pra UKW ini. Ia berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas jurnalisme di Blora.

“Tantangan profesi wartawan semakin besar di era disrupsi saat ini. Banyaknya saluran informasi yang tersedia menyebabkan masyarakat memiliki alternatif sumber informasi untuk dipilih,” tuturnya.

Lanjut Bupati, tidak semua informasi yang tersedia tersebut kredibel. Situasi ini menyebabkan wartawan harus lebih profesional dalam menyajikan berita agar masyarakat tetap menjadikannya sumber informasi yang terpercaya.

“UKW dilaksanakan sebagai upaya mencetak sumber daya manusia yang unggul di bidang jurnalistik sehingga para wartawan bisa bekerja secara profesional dalam memberitakan sesuatu, serta mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Blora, Heri Purnomo, mengatakan, pelatihan Pra UKW ini merupakan salah satu komitmen PWI Blora untuk meningkatkan profesionalisme wartawan.

“Wartawan harus terus belajar dan meningkatkan kompetensinya agar dapat menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas,” paparnya.

Pelatihan Pra UKW diikuti oleh 50 orang wartawan yang tergabung dalam PWI Blora maupun di luar keanggotaan. Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Abdul Muiz anggota PWI Jawa Tengah yang sekarang ini sudah menyandang predikat Wartawan Utama.(SM/Red)