Dok. Irjen Pol Ferdy Sambo saat dilantik menjadi Kadiv Propam Polri oleh Kapolri, Jenderal Idham Azis.

SULSEL, INFODESANEWS – Ini suatu kebanggaan tiga putra Toraja berprestasi di Mabes Polri. Salah satu putra terbaiknya kini menjabat pada salah satu jabatan penting di Mabes Polri. Yakni Brigjen Pol. Ferdy Sambo, ditunjuk Kapolri, Jenderal Idham Azis, menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv. Propam) Polri.

Setelah ditunjuk menjadi Kadiv Propam Polri, pangkatnya naik menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) dengan dua bintang di pundak. Dengan begitu, bertambah lagi jumlah putra Toraja yang menyandang bintang dua di Kepolisian. Sebelumnya ada nama Komjen Pol Dharma Pongrekun (bintang 3), Irjen Pol Aris Budiman Bulo (Kapolda Kepri), Irjen Pol Frederik Kalalembang, dan Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca.

Penunjukkan Irjen Pol Ferdy Sambo menjadi Kadiv Propam Polri dilakukan Kapolri melalui Keputusan itu tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor: ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020 lalu.

Sebelumnya, Brigjen Pol Ferdy Sambo menduduki posisi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirttipidum) Mabes Polri.

Jabatan Kadiv Propam Polri sempat kosong pasca meninggalnya Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono, yang meninggal pada 30 Oktober 2020 lalu.

Irjen Pol Ferdy Sambo lahir di Barru, 9 Februari 1973 dari pasangan Willem Sambo dan Ridha Sampetondok. Dia lulus Akpol 1994 dan sangat berpengalaman di bidang reserse. Jabatan terakhir perwira Polri asal Toraja ini adalah Direktur Tindak Pidana Umum (Dirttipidum) Mabes Polri. Sebelumnya, dia juga pernah menjabat Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri.

Data yang disadur media ini dari kareba-toraja.com, Irjen Pol Ferdy Sambo pernah menduduki beberapa jabatan strategis di tubuh Polri. Ferdy menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Jakarta Barat. Kemudian menjadi Kapolres Purbalingga Jawa Tengah. Kemudian menjadi Kapolres Brebes dan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya. Saat menjabat Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri, Ferdy berpangkat Kombes Pol.

Kesuksesan Ferdy Sambo ini menambah daftar panjang deretan Jenderal polisi asal Toraja. Menurut catatan dari karebatoraja.com, ada beberapa putra Toraja yang berhasil menyandang bintang polisi di pundaknya, entah bintang satu, dua, hingga bintang tiga. (yus/ino)