Puluhan Pengunjung Pasar Melaksankan TGC Dinkes Rapid Tes, 1 Pedagang Reaktif

INFODESA120 Dilihat

SULSEL(LUTRA), INFODESANEWS – Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Luwu Utara melakukan Rapid Test di Pasar tradisionil Tarue Desa Buangin, Kecamatan Sabbang Selatan, Rabu (24/6/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Luwu Utara,I Komang Krisna langsung terjun merapid tes di pasar Tarue bersama Kepala UPT Puskesmas Sabbang Selatan Sudarmi Idrus dan para medis Puskesmas Sabbang Selatan mengatakan, 153 pedagang dan pembeli menjalani Rapid Test.

“Orang yang di skrining oleh TGC sebanyak 153 orang, yang reaktif satu orang dan non reaktif sebanyak 152 orang,” tutur I Komang Krisna pada media ini di pasar Tarue.

Selanjutnya 1 orang yang reaktif warga Desa Buangin inisial NN, diambil langsung sampel spesimen swab hidung dan tenggorokannya.

Untuk guna dilakukan uji RT-PCR di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar untuk mengetahui apakah NN positif virus corona atau tidak.

Menurut Komang, pelaksanaan Rapid Test massal di Pasar Tarue dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) Lutra, H. Kasrum Patawari, seluruh Forkompincam, personil Polisi dan TNI.

“Rapid test massal ini bertujuan deteksi dini terhadap sebaran virus corona di pasar,”terang Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Lutra.

Sementara Kadis P2KUKM, H. Kasrum Patawari menuturkan pada media ini bahwa, pasar menjadi tempat berinteraksi masyarakat dan sangat berisiko terinfeksi corona.

“Apalagi banyak pasar, pedagang pembeli yang tidak mengindahkan protokol kesehatan seperti banyak tidak memakai masker,” pungkas Kadis P2KUKM Lutra.(yus)

Berita Terkait

Baca Juga